Senin 23 Oct 2023 22:25 WIB

Man City Dilaporkan Tertarik Lepas Kalvin Phillips pada Pertengahan Musim Ini

Musim lalu, Phillips hanya dua kali tampil sebagai starter di Liga Primer Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Kalvin Phillips (kanan) saat membela Manchester City.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Kalvin Phillips (kanan) saat membela Manchester City.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City kabarnya siap membuka pintu buat klub manapun untuk melayangkan tawaran terkait kemungkinan kepindahan Kalvin Phillips. Selain skema peminjaman, The Citizens juga siap melepas Phillips secara permanen pada bursa transfer pertengahan musim ini, Januari mendatang.

Gelandang bertahan asal Inggris itu mulai menghuni tim utama The Citizens pada awal musim lalu. Phillips didatangkan dari Leeds United dengan biaya transfer mencapai 42 juta poundsterling dan diikat dengan durasi kontrak selama enam tahun. Namun, kiprah Phillips di City tidak berjalan mulus.

Baca Juga

Sempat mengalami cedera bahu, Phillips hanya tampil di 21 partai di semua ajang pada musim lalu. Phillips ternyata tidak pernah benar-benar menjadi pilihan utama pelatih Pep Guardiola di lini tengah the Citizens. Pada musim lalu, Phillips hanya dua kali tampil sebagai starter di Liga Primer Inggris.

Kendati telah pulih dari cedera dan sudah cukup fit, Phillips hanya sekali mendapatkan mendapatkan kesempatan tampil sebagai starter di semua ajang pada musim ini. Secara keseluruhan, Phillips tercatat hanya tampil di lima partai dan merumput selama 167 menit pada awal musim ini.

Kondisi ini berujung pada kabar kepergian gelandang bertahan berusia 27 tahun tersebut dari Stadion Etihad pada pertengahan musim ini. Dengan hijrah dari City, Phillips dinilai bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk tampil secara reguler dan berujung memperbesar peluang untuk kembali dipanggil memperkuat timnas Inggris.

Manajemen the Citizens ternyata terbuka dengan kemungkinan ini. City siap melepas Phillips pada pertengahan musim ini apabila ada klub yang siap menggelontorkan dana transfer sebesar 42 juta poundsterling atau setara dengan biaya transfer yang dikeluarkan City saat memboyong Phillips.

''Selain itu, City juga terbuka dengan opsi peminjaman Phillips, lengkap dengan opsi perekrutan permanen pada akhir masa peminjaman. Phillips masih memiliki sisa kontrak selama empat setengah tahun dengan nilai mencapai 150 ribu poundsterling per pekan. City rela menanggung sebagian besar dari gaji tersebut guna memuluskan kepindahan Phillips,'' tulis laporan Eurosport, Senin (23/10/2023).

Laporan ini rasanya sejalan dengan sinyal yang diberikan oleh Guardiola. Pelatih asal Spanyol itu menegaskan, tidak akan menghalangi para penggawa City yang memiliki keinginan untuk hengkang. Guardiola juga tidak menutup kemungkinan buat City untuk melepas Phillips.

''Jika dia ingin pergi, maka silahkan. Jika tidak ada kesepakatan antara semua pihak, maka dia akan bertahan. Saya tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan Kalvin (Phillips) saat jendela transfer kembali dibuka, tidak ada yang tahu,'' kata Guardiola seperti dilansir the Guardian, akhir pekan lalu.

Phillips bukan tanpa klub peminat. Pemain yang mengantarkan Leeds United tampil di Liga Primer Inggris pada musim 2020/2021 itu disebut-sebut telah menarik minat sejumlah klub di Inggris dan Jerman. 

Dari pentas Liga Primer Inggris, Newcastle United dan West Ham United dilaporkan siap menampung Phillips, sedangkan dari Jerman, juara bertahan Bundesliga, Bayern Muenchen, dikabarkan bisa memboyong jebolan akademi Leeds United tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement