Selasa 24 Oct 2023 21:00 WIB

BPKH Hajj Run & Fun Walk Usung Edukasi Pentingnya Menabung Haji di Usia Muda

Untuk Fun Walk peserta akan menempuh jarak sekitar 3,5 kilometer.

Olahraga lari (ilustrasi).
Foto: EPA/ANINDITO MUKHERJEE
Olahraga lari (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bakal menyelenggarakan "BPKH Hajj Run dan Fun Walk" yang akan dilaksanakan di Taman Wisata Tanjung Mutiara, Jorong Mutiara, Nagari Batu Taba, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander mengatakan acara tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 28 Oktober 2023 bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Baca Juga

"Kegiatan Hajj Run dan Fun Walk ini merupakan langkah awal yang baik dan komitmen BPKH untuk mensosialisasikan terkait Istithaah kesehatan jamaah haji ini. Sekaligus upaya memperkenalkan haji muda, mendorong kalangan milenial agar segera menunaikan ibadah haji di usia muda," kata Harry, dalam konferensi pers "BPKH Hajj Run & Fun Walk", yang digelar secara daring, pada Selasa (24/10/2023).

Dia mengatakan, untuk Fun Walk peserta akan menempuh jarak sekitar 3,5 kilometer (Km), dimulai dari Taman Wisata Tanjung Mutiara dan berakhir di Rumah Makan Danau Indah.

Sedangkan Fun Run, peserta akan menempuh jarak 5 Km dimulai dari Taman Wisata Tanjung Mutiara dan finish di Prasasti Ombilin.

Untuk peserta lari dan jalan santai tersebut akan diikuti oleh para pelajar dan pelaksana lembaga pendidikan di Kabupaten Tanah Datar, Kota Padang Panjang, Batusangkar, Kota Solok, Kota Bukittinggi, dan Kota Padang.

"Untuk peserta lainnya berasal dari nasabah dari sejumlah bank termasuk mitra BPKH, serta komunitas pelari dan undangan khusus serta masyarakat," kata dia.

Harry mengatakan, BPKH Hajj Run dan Fun Walk tersebut juga merupakan kegiatan yang sangat positif terutama untuk membentuk jiwa dan raga yang sehat. 

Untuk pendaftarannya bisa dilakukan secara online dengan meng-klik tautan: https://www(dot)ticket2u(dot)id/event/33037

Selain itu, kegiatan tersebut sekaligus upaya BPKH untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya untuk memulai menabung haji sejak dini agar bisa menunaikakan ibadah haji di usia muda. 

Apalagi, ucap Harry, saat ini ada usulan agar pelaksanaan ibadah haji di tahun-tahun mendatang akan lebih fokus pada Istithaah kesehatan jamaah haji mendahului pelunasan.

"Artinya, sebelum pelunasan biaya haji, calon jamaah haji harus lolos kriteria istithaah kesehatan. Hal ini sangat penting dan krusial bagi jamaah haji, terutama jamaah haji Indonesia yang sebagian besar telah berusia lanjut," kata dia.

Panitia Pelaksana BPKH Hajj Run dan Fun Walk, Rizky Ardiansyah menjelaskan, event tersebut terdiri dari dua kriteria peserta. 

Pertama, peserta yang memiliki porsi haji bisa mendaftar secara gratis, cukup dengan mencantumkan nomor registrasi haji dan KTP, dan peserta tersebut akan memperoleh racepack.

Kedua, bagi peserta yang tidak memiliki porsi haji, jika memiliki kode undangan, dia bisa mendaftar secara gratis dan akan memperoleh racekit.

"Namun, bagi yang tidak memiliki kode undangan akan dikenakan biaya pendaftaran dan tetap memperoleh racekit," ungkap Rizky.

Dia juga mengatakan, bagi masyarakat yang ikut BPKH Hajj Run dan Fun Walk berkesempatan memperoleh doorprize yang menarik.

"Mulai dari paket umrah, handphone, sport brand, smart watch hingga sepeda gunung dan logam mulia. Disisi lainya peserta juga bisa menikmati wisata kuliner yang akan disajikan oleh para pelaku UMKM di Tanah Datar," kata Rizky

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement