Kamis 26 Oct 2023 10:54 WIB

Howe Akui Dapat Banyak Pelajaran dari Kekalahan Newcastle kontra Borussia Dortmund

Newcastle t

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pemain Borussia Dortmund Felix Nmecha (kiri) menjebol gawang Newcastle United di Liga Champions.
Foto: AP Photo/Scott Heppell
Pemain Borussia Dortmund Felix Nmecha (kiri) menjebol gawang Newcastle United di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Newcastle United gagal mengamankan poin di kandang ketika menghadapi Borussia Dortmund dalam pertandingan ketiga grup F Liga Champions, di Stadion St James' Park, Kamis (26/10/2023) dini hari WIB. The Toon Army gagal mengulangi kesuksesannya saat mempermalukan PSG 4-1 pada laga kedua setelah tumbang 0-1 dari Dortmund.

Pelatih Newcastle United Eddie Howe mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari laga ini yang merupakan kekalahan pertama mereka di Liga Champions. Hasil ini membuat Newcastle turun ke posisi ketiga klasemen setelah sebelumnya menduduki puncak klasemen.

Baca Juga

PSG kini berada di atas dengan nilai enam. Dortmudn di posisi kedua dengan nilai empat, sama dengan Newcastle. Di peringkat buncit ada AC Milan dengan nilai dua.

“Itu akan selalu ketat. Ada tim-tim berkualitas tinggi di grup. Malam ini merupakan sebuah pukulan, terutama (kalah) di kandang sendiri. Sebuah pelajaran tentang betapa tipisnya margin yang akan didapat," ujar Howe dilansir dari RTE 

Howe menyesalkan berbagai peluang yang didapatkan Newcastle tidak tidak berbuah gol. Kendati demikian Howe tetap mengapresiasi upaya pemainnya di lapangan. Mereka tidak pernah menyerah dan melakukan pekerjaan yang benar.

Howe menambahkan, setiap kesalahan yang dilakukan kemungkinan besar mendapatkan hukumannya. Gol yang dicetak oleh Felix Nmecha ke gawang Newcastle menurut Howe akibat dari kesalahan.

"Jadi ada hal-hal yang bisa kami lakukan lebih baik dan ketika kami menganalisisnya dalam cuaca dingin, kami akan melakukan banyak hal," katanya.

Selain menelan kekalahan, Howe harus melihat Alexander Isak tertatih-tatih karena cedera pangkal pahanya yang kambuh. Sementara pemain pengganti di babak kedua Jacob Murphy ditarik keluar lima menit setelah masuk karena dugaan dislokasi bahu.

“Anda lihat beberapa cederanya, cukup sulit untuk dipahami tetapi kami harus menyesuaikan diri,” kata Howe.

Howe akan langsung fokus ke pertandingan berikutnya. Menurutnya Newcastle masih ada di posisi bagus baik di Liga Inggris maupun Liga Champions. 

“(Pertandingan kedua melawan Dortmund) akan menjadi sangat penting. Dua pertandingan tandang berikutnya, klasemen liga terlihat sangat, sangat ketat sehingga merupakan pertandingan yang hebat bagi kami, kami harus melakukan pendekatan seperti itu," kata dia menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement