Kamis 26 Oct 2023 19:28 WIB

Resmi, Ranking FIFA Indonesia Alami Kenaikan, Kini Posisi 145 Dunia

Kini fokus Indonesia bersaing di Grup F putaran dua kualifikasi Piala Dunia 2026.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Indonesia saat menjalani latihan belum lama ini.
Foto: dok PSSI
Para pemain timnas Indonesia saat menjalani latihan belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia terus menunjukkan progres positif. Statistik menunjukkan hal itu.

Di situs resmi FIFA, peringkat pasukan Garuda mengalami kenaikan pada Kamis (26/10/2023). Dari yang sebelumnya berada di urutan ke-147. Kini naik dua peringkat ke urutan 145.

Baca Juga

Poin timnas Indonesia mencapai 1069,82. Ada tambahan 16,95 angka. Sebelumnya, jumlah poin awak Merah Putih yakni 1052,87.

Apa yang terjadi, buah dari sepak terjang Asnawi Mangkualam Bahar dan rekan-rekan, belakangan ini. Skuad polesan Shin Tae-yong perkasa pada putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Indonesia bertemu Brunei Darussalam. Dalam dua leg, pasukan Garuda unggul agregat 12-0. Fenomenal.

Itu membuat anak asuh Shin lolos ke babak berikutnya. Pada putaran kedua nanti, Elkan Baggott dkk bertarung di Grup F. Awak Merah Putih bersaing dengan Irak, Vietnam, dan Filipina.

"Alhamdulillah, langkah pertama timnas Indonesia untuk bisa ke panggung dunia, sudah dilewati," tulis ketua Umum PSSI, Erick Thohir di akun Instagramnya, yang dikutip pada Rabu (18/10/2023).

Masih banyak tantangan menunggu di depan mata. Sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu meminta pasukan Garuda jangan sampai berpuas diri. Target besar perlu diusung.

Semua bisa tercapai. Asalkan lewat kerja keras, disiplin, dan mentalitas positif. Kini fokus Indonesia bersaing di Grup F pada putaran kedua.

"Ini baru awal. Perjalanan meraih mimpi besar kita masih panjang. Jangan cepat puas. Siapkan jiwa dan raga untuk kembali berjuang di babak berikutnya saat menghadapi Irak, Vietnam, dan Filipina di Grup F," kata Erick.

Hasil impresif atas Brunei Darussalam menambah kesan positif penggemar terhadap Shin. Sang arsitek tim sudah mendampingi timnas senior Indonesia dalam 39 pertandingan. Selama periode tersebut ia meraih 21 kemenangan, dan merasakan sembilan kekalahan. Kemudian sembilan partai lainnya berkesudahan imbang. Persentase kemenangan Shin bersama pasukan Garuda sekitar 53,85 persen.

Kini tantangan di depan mata, semakin besar bagi Shin. Ia harus terus mempertahankan catatan positif pasukannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement