Ahad 29 Oct 2023 23:17 WIB

Bantai Forest di Anfield, Liverpool Jaga Rekor Sempurna di Kandang

Liverpool sukses menyarangkan tiga gol ke gawang Nottingham Forest.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Selebrasi pemain Liverpool setelah mencetak gol ke gawang Nottingham Forest, Ahad (29/10/2023).
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Selebrasi pemain Liverpool setelah mencetak gol ke gawang Nottingham Forest, Ahad (29/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool sukses menyarangkan tiga gol ke gawang Nottingham Forest pada pekan ke-10 Liga Primer Inggris, Ahad (29/10/2023) malam WIB. Tidak hanya menjaga The Reds bertahan di empat besar klasemen sementara Liga Primer Inggris, kemenangan di Stadion Anfield itu juga menajamkan rekor apik laga kandang The Reds pada musim ini.

Dalam laga di Stadion Anfield tersebut, Liverpool memastikan raihan tiga angka via gol dari Diogo Jota, Darwin Nunez, dan Mohamed Salah. Tambahan tiga angka di laga ini membawa The Reds bertahan di peringkat keempat klasemen sementara Liga Primer Inggris. Tim besutan Jurgen Klopp itu terpaut tiga poin dari pemuncak klasemen sementara, Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Tidak hanya itu, kemenangan ini juga mengantarkan The Reds menjaga catatan impresif di laga kandang pada musim ini. Liverpool mampu menorehkan kemenangan di delapan kali kesempatan tampil di Stadion Anfield di semua ajang pada musim ini. Khusus di Liga Primer Inggris, Liverpool berhasil memetik kemenangan di lima laga kandang pada awal musim ini.

 

Jalannya pertandingan

Liverpool tidak mau membuang banyak waktu untuk bisa mencetak gol cepat di laga ini. Tampil di depan pendukungnya sendiri, The Reds langsung mengendalikan permainan dan terus menekan pertahanan tim tamu. Hingga pertengahan babak pertama,  tim besutan Jurgen Klopp itu bahkan mencatatkan penguasaan bola mencapai 80 persen dan melepaskan tiga tembakan.

Namun, Forest sepertinya sudah mengantisipasi permainan The Reds tersebut. Tim besutan Steve Cooper itu berusaha tampil disiplin di sektor pertahanan dan menerapkan garis pertahanan yang cukup rendah. Kendati begitu, The Reds masih bisa membongkar pertahanan Forest.

Diogo Jota membuka keunggulan The Reds. Winger asal Portugal itu dengan mudah menyambar bola rebound hasil halauan kiper Forest, Matt Turner, terhadap tendangan Darwin Nunez dari sisi kiri kotak penalti. Gol pada menit ke-31 itu solah membuka keran gol buat Liverpool.

Hanya berselang empat menit pasca gol Jota tersebut, Liverpool menggandakan kedudukan. Kali ini, Nunez mampu memanfaatkan umpan tarik yang dilepaskan Dominik Szoboszlai dari sudut sempit di sebelah kiri kotak penalti Forest. Babak pertama menjadi milik The Reds dengan keunggulan dua gol.

Pada babak kedua, Nottingham Forest masih belum bisa memberikan perlawanan, meski tim tuan rumah sudah sedikit menurunkan tempo permainan. Liverpool masih terus mengendalikan permainan. The Reds tercatat mengemas 73 persen penguasaan bola dan melepaskan 20 tembakan, sedangkan Forest hanya mampu melepaskan delapan tembakan. 

Liverpool akhirnya bisa menambah keunggulan pada menit ke-77. Mohamed Salah tidak mau ketinggalan untuk mencatatkan namanya di papan skor. Penyerang asal Mesir itu memanfaatkan blunder dari Turner. The Reds sebenarnya mampu mencetak gol tambahan pada masa injury time, tepatnya via torehan Cody Gakpo.

Namun, wasit menganulir gol tersebut lantaran Gakpo diketahui sudah berdiri dalam posisi offside dalam sekuen terjadinya gol tersebut. Kendati begitu, keputusan wasit ini tidak mengurangi dominasi The Reds atas Forest di laga ini. The Reds pun mampu menutup laga dengan keunggulan tiga gol.

 

 

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3)

Alisson (PG); Alexander-Arnold; Konate, Van Dijk, Tsimikas; Szoboszlai, MacAllister, Gravenberch; Salah, Nunez, Jota

Pelatih: Jurgen Klopp

 

 

Nottingham Forest (5-4-1)

Turner (PG); Murillo, Niakhate, Boly, Aurier, Aina; Dominguez, Mangala, Sangare, Gibbs-White; Elanga

Pelatih: Steve Cooper

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement