Senin 30 Oct 2023 10:39 WIB

Kekhawatiran Pelatih Forest Terbukti di Laga Kontra Liverpool

Nottingham Forest justru melakukan kesalahan saat berusaha membangun serangan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Nottingham Forest, Steve Cooper.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Pelatih Nottingham Forest, Steve Cooper.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Nottingham Forest harus rela pulang dari markas Liverpool, Stadion Anfield, dengan tangan hampa, Ahad (29/10/2023) malam WIB. Forest dibekap tuan rumah, 0-3, dalam laga pada pekan ke-10 Liga Primer Inggris tersebut.

Mampu bertahan dari gempuran para penggawa Liverpool pada awal laga, Forest akhirnya tertinggal saat Diogo Jota menyelesaikan sebuah serangan cepat the Reds pada menit ke-31. Gol Jota itu seolah membuka keran gol Liverpool di laga tersebut.

Baca Juga

Empat menit berselang, Liverpool menggandakan keunggulan via gol Darwin Nunez usai menyambar umpan tarik Dominik Szboboszlai. Tidak berhenti sampai di situ, gawang Forest juga kebobolan pada menit ke-77. Kali ini, Mohamed Salah mencatatkan namanya di papan skor sekaligus memasikan kemenangan the Reds.

Pelatih Nottingham Forest, Steve Cooper, menilai, dari segi performa pertahanan, Forest sebenarnya tampil cukup apik. Namun, para penggawa Forest justru melakukan kesalahan saat berusaha membangun serangan.

Padahal, Cooper mengaku sudah menginstrusikan anak-anak asuhnya untuk tetap waspada saat menguasai bola dan berusaha mengambil alih kendali permainan.

''Seharusnya, kami bisa lebih baik saat menguasai bola dan berada dalam garis pertahanan yang tinggi. Kami tidak mau membuka ruang terlalu lebar karena mereka sangat berbahaya dalam kondisi tersebut. Jika Anda melihat semua gol mereka, kami justru melakukan hal itu dan mendapatkan hukuman,'' ujar Cooper seperti dilansir Sky Sports, Senin (30/10/2023).

Forest datang ke Stadion Anfield dengan berbagai kekurangan, terutama dalam opsi pemain di lini serang. Chris Wood, yang mengalami cedera hamstring, membuat Cooper harus melakukan adaptasi. Selain menempatkan Anthony Elanga, yang bukan berposisi asli sebagai striker, Cooper juga menurunkan formasi lima pemain bertahan di laga tersebut.

''Kami sudah mengira, partai ini akan menjadi laga berat dengan berbagai kesulitan yang kami hadapi. Kami harus beradaptasi dengan formasi baru dan menempatkan pemain bukan di posisi aslinya. Namun, ini bukan alasan. Sebenarnya kami bisa menyulitkan mereka apabila bisa tampil disiplin,'' jelas Cooper.

Dengan kekalahan ini, Forest masih belum mampu keluar dari keterpurukan. Forest tercatat tidak pernah menang dalam enam laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris dengan torehan dua kekalahan dan empat hasil imbang. Forest pun masih terpaku di peringkat ke-16 atau hanya terpaut lima poin dari zona degradasi.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement