Selasa 31 Oct 2023 21:16 WIB

Bintang Al Hilal Ini Sambut Positif Kemungkinan Kembali ke Liga Primer Inggris

Neves diharapkan bisa datang ke Newcastle sebagai pemain pinjaman.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pemain Wolverhampton Wanderers yang kini membela klub Arab Saudi, Ruben Neves.
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Mantan pemain Wolverhampton Wanderers yang kini membela klub Arab Saudi, Ruben Neves.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Gelandang bertahan Al Hilal, Ruben Neves, dilaporkan menjadi salah satu pemain yang masuk dalam radar Newcastle United sebagai calon pengganti Sandro Tonali. The Magpies berharap bisa meminjam gelandang bertahan asal Portugal itu pada pertengahan musim ini, Januari mendatang.

Neves menjadi salah satu rekrutan teranyar Al Hilal pada awal musim ini dan dikontrak hingga 2026 mendatang. Klub yang berbasis di Riyadh, Arab Saudi, itu rela merogoh kocek sedalam 47 juta poundsterling untuk memboyong Neves dari Wolverhampton Wanderers.

Baca Juga

Dengan banderol transfer tersebut, gelandang bertahan berusia 26 tahun itu menjadi pemain termahal yang pernah dilepas Wolves di bursa transfer pemain. Neves pun menempati peringkat ketiga dalam daftar pemain termahal yang direkrut Al Hilal pada awal musim ini, setelah Malcom dan Neymar.

Pelatih Al Hilal, Jorge Jesus, langsung menmpatkan Neves sebagai pilihan utama di lini tengah. Dari 15 partai yang telah dilakoni Al Hilal di semua ajang pada musim ini, Neves hanya satu kali absen. Neves pun tampil sejak menit pertama di 10 laga dalam 11 partai di pentas Liga Pro Saudi pada musim ini.

Dengan konsistensi performa dan pengalaman merumput di Liga Primer Inggris, Neves dilaporkan menjadi salah satu pemain incaran the Magpies. Newcastle United memang tengah membutuhkan tambahan gelandang bertahan anyar menyusul sanksi terhadap Tonali.

Gelandang bertahan asal Italia itu mendapatkan sanksi larangan bertanding selama 10 bulan lantaran melakukan aktivitas judi ilegal. Neves diharapkan bisa datang ke Stadion Saint James Park sebagai pemain pinjaman dari Al Hilal saat jendela transfer pertengahan musim ini dibuka pada Januari mendatang.

Sinyal positif kepindahan Neves itu pun mulai mengemuka. Pasalnya, eks gelandang Porto itu dilaporkan menyambut baik kemungkinan kembali ke Liga Primer Inggris dan mulai memperkuat the Magpies pada Januari mendatang.

''Neves cukup antusias dengan potensi kepindahan tersebut. Dia menilai, kepindahan itu seperti layaknya mimpi yang menjadi nyata,'' tulis laporan media asal Portugal, O Jogo, Selasa (31/10/2023).

Usai mengantarkan Wolves promosi ke Liga Primer Inggris pada musim 2018/2019, Neves menjadi salah satu pilar utama Wolves untuk bisa bersaing di pentas Liga Primer Inggris pada lima musim berikutnya sebelum akhirnya hijrah ke Al Hilal. Selama lima musim memperkuat Wolves di Liga Primer Inggris, Neves tercatat mengemas 177 penampilan.

Peluang kepindahan Neves itu juga terbuka lebar apabila menilik pemilik dua klub tersebut. Lembaga investasi milik Pemerintah Arab Saudi, Public Invesment Fund (PIF), diketahui menjadi pemilik saham mayoritas Al Hilal dan Newcastle United. Kepindahan pemain antara kedua klub itu tentu akan berjalan lebih mudah, dibanding the Magpies mendatangkan pemain dari klub lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement