Jumat 03 Nov 2023 13:00 WIB

Tim Indonesia Elite Antusias Hadapi Turnamen di Malaysia `

PB Perbasi sedang mencari pemain terbaik untuk timnas Elite di masa depan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas elite muda Indonesia/ilustrasi.
Foto: DOk IBL
Para pemain timnas elite muda Indonesia/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Elite sudah tiba di Malaysia Kamis (2/11/2023) sore. Tim basket ini di Negeri Jiran untuk mengikuti kejuaraan “The Datuk Wira Cup Melaka U-21 Invitational Tournament” pada 3-5 November 2023.

Kejuaraan ini akan berlangsung di Stadium Basketball MBMB Bukit Serindit, Melaka. Selain Indonesia Elite, kejuaraan ini juga diikuti klub HDSD dari Taiwan dan dua wakil Malaysia, yaitu MBC Kirin dan Selangor Sukma.

Baca Juga

Manajer Indonesia Elite Ferri Jufry mengatakan, total ada 12 pemain yang dipanggil ikut serta dalam kejuaraan di Malaysia ini. Namun, satu pemain tidak bisa berangkat karena ada kendala dengan kebugaran, yaitu Arthur Vadel.

Pemain yang ikut dalam lawatan kali ini adalah Brian Anggara, Richard Theofilus, Ida Bagus Pradnya Ananta Wijaya, Albert Richard, Richard Kornelius. Lalu, Richie Linardi, Marvin Manuel Utomo, Dame Diagne, Fikran Fattah, Terrel Ayes, dan Serigne Modou Kane. Mereka ke Malaysia dipimpin Coach Efri Meldi dengan asisten Andrie Ekayana.

Menurut ferri, keikutsertaan Indonesia Elite di ajang ini merupakan bagian dari cara PB Perbasi mencari pemain terbaik untuk timnas Elite pada masa depan. Pemain yang dikirim ini merupakan hasil pantauan dari Badan Tim Nasional (BTN). “Ini adalah program seleksi tahap kedua menuju timnas Elite Muda, setelah beberapa waktu lalu ikuti kejuaraan di Cina,” ujar dia Jumat (3/11/2023).

Dari pemain yang diboyong ke Malaysia ini, ada tiga pemain yang ikut memperkuat Indonesia Elite di kejuaraan di Cina lalu. Mereka adalah Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Richie Linardi. Terrel sebenarnya saat di kejuaraan di Cina lalu juga masuk daftar panggil tapi izin. Ia baru bisa gabung di Indonesia Elite saat di Malaysia ini.

Saat di Cina, Indonesia Elite mengakhiri turnamen di peringkat keenam.

“Keikutsertaan kami di kejuaraan ini untuk melihat kemampuan para pemain menghadapi tekanan ketika hadapi pertandingan di luar negeri. Bukan untuk mencari posisi atau peringkat dari sebuah kejuaraan. Karena dengan perbanyak pertandingan, mental akan terbentuk dan itu baik untuk pemain itu sendiri dan timnas ke depan,” ujar Ferri.

Daftar 11 Pemain Indonesia Elite ke Malaysia:

Brian Anggara

Richard Theofilus

Ida Bagus Pradnya Ananta Wijaya

Albert Richard

Richard Kornelius

Richie Linardi

Marvin Manuel Utomo

Dame Diagne

Fikran Fattah

Terrel Ayers

Serigne Modou Kane

Jadwal

03/11/2023 vs MBC Kirin

04/11/2023 vs Selangor Sukma

05/11/2023 vs HDSH Taiwan.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement