Jumat 03 Nov 2023 18:45 WIB

Michael Bermudez, Tumpuan Baru Timnas Ekuador U-17

Bermudez menempati peringkat kedua top skorer Piala Amerika Selatan U-17 2023.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Ekuador U-17 Michael Bermudez.
Foto: transfermarkt.
Bintang timnas Ekuador U-17 Michael Bermudez.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Kendry Paez digadang-gadang bakal menjadi salah satu sorotan saat timnas Ekuador berkiprah di Piala Dunia U-17 2023. Maklum, meski baru berusia 16 tahun, Paez sudah mampu menembus tim utama salah satu klub kontestan Liga Ekuador, Independiente del Valle.

Pengakuan terhadap kemampuan pemain yang berposisi asli sebagai gelandang itu juga datang dari klub Liga Primer Inggris, Chelsea. Paez dipastikan sudah menjadi milik the Blues saat genap berusia 18 tahun pada 2025 mendatang.

Baca Juga

Paez bahkan sudah dipercaya memperkuat timnas Ekuador senior dan telah mengoleksi tiga caps. Atas alasan ini pula, pelatih timnas Ekuador U-17, Diego Martinez, mencoret nama Paez dalam daftar 21 pemain timnas Ekuador yang bakal berlaga di Piala Dunia U-17 2023, yang akan digelar di Indonesia, 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Kendati begitu, timnas Ekuador U-17 masih memiliki nama lain yang patut diperhitungkan. Adalah Michael Bermudez, yang disebut-sebut akan menjadi tumpuan baru timnas Ekuador U-17. Berbeda dari Paez, yang beroperasi di lini tengah, Bermudez menempati posisi sebagai penyerang tengah.

Penyerang berusia 17 tahun itu mulai menarik perhatian saat tampil apik di gelaran Piala Amerika Selatan U-17, awal April 2023. Di turnamen yang dihelat di Argentina tersebut, Bermudez mengemas total empat gol dari delapan laga.

Dengan torehan gol tersebut, Bermudez menempati peringkat kedua top skorer Piala Amerika Selatan U-17 2023. Bermudez, yang sempat dipercaya mengenakan ban kapten di turnamen tersebut, sukses mengantarkan Ekuador ke partai final Piala Amerika Selatan U-17.

Di level klub, Bermudez mengawali karier di salah satu klub terbesar di Ekuador, Liga de Quito. Klub yang biasa disebut Quito itu merupakan klub Ekuador tersukses di pentas kompetisi internasional. Tampil apik di level usia U-17 dengan mencetak 10 gol dari 10 laga pada tahun ini, Bermudez sudah dipromosikan dan menjadi pemain reguler di tim Quito U-20.

Ketajaman Bermudez di Piala Amerika Selatan U-17 2023 dilaporkan menjadi pangkal ketertarikan sejumlah klub besar Eropa, mulai dari Manchester City hingga Borussia Dortmund. Namun, Bermudez diketahui telah menandatangani kontrak profesional bersama Quito pada Oktober 2023.

Bermudez pun mengaku sudah mempersiapkan diri guna mengantarkan Ekuador tampil maksimal di Piala Dunia U-17 2023.

''Saya telah bersiap di kompetisi klub. Tim pelatih timnas juga telah mengirimkan saya video soal permainan para pemain bertahan yang akan kami hadapi. Kami sudah bekerja keras untuk turnamen ini,'' kata Bermudez seperti dikutip Aficioncentral, beberapa waktu lalu.

Pernyataan ini sekaligus menjadi ancaman yang ditebarkan Bermudez buat lini belakang timnas Indonesia U-17. Maklum, Ekuador akan menghadapi tim tuan rumah, timnas Indonesia U-17, di laga pembuka Piala Dunia U-17 2023. Laga tersebut rencananya akan dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (10/11/2023) malam WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement