Senin 06 Nov 2023 20:18 WIB

Arsenal Tiba-Tiba Minta Ada Standar Baru dalam Tugas Wasit di Liga Primer Inggris

VAR menimbulkan kericuhan tersendiri.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Newcastle United vs Arsenal yang penuh kontroversi.
Foto: AP Photo/Owen Humphreys
Newcastle United vs Arsenal yang penuh kontroversi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kontroversi soal gol winger Newcastle United, Anthony Gordon, ke gawang Arsenal, Ahad (5/11/2023) dini hari WIB, terus berlanjut. Arsenal merilis pernyataan resmi terkait permintaan adanya standar baru dalam tugas wasit di Liga Primer Inggris.

Permintaan ini buntut kekecewaan terhadap keputusan wasit Stuart Attwell, yang memimpin laga Newcastle United kontra Arsenal. Di laga pada pekan ke-11 Liga Primer Inggris itu, Attwell mengesahkan gol Gordon pada menit ke-64. Padahal, setidaknya ada tiga keraguan dalam proses terjadinya gol tersebut.

Baca Juga

Mulai dari anggapan soal bola sudah keluar lapangan sebelum Joe Willock melepaskan umpan lambung ke kotak penalti Arsenal, pelanggaraan Joelington terhadap Gabriel Magalhaes, hingga dugaan posisi offside Gordon saat menyambar bola di depan mulut gawang The Gunners.

Petugas VAR di laga itu pun membutuhkan waktu setidaknya empat menit untuk mengambil keputusan untuk mengesahkan gol Gordon tersebut. Pasca laga, pelatih Arsenal, Mikel Arteta, berang atas keputusan tersebut. Arteta menyebut, keputusan tersebut sebagai keputusan yang memalukan dan mencoreng muka korps wasit di Liga Primer Inggris.

Arsenal pun mendukung pernyataan Arteta tersebut. Sejak dengan pelatih tim utama The Gunners tersebut, Arsenal menilai perlu ada perubahan dan standar baru dalam tugas wasit di Liga Primer Inggris. Terlebih, Liga Primer Inggris diklaim sebagai kompetisi liga terbaik di dunia.

''Arsenal sepenuh hati mendukung pernyataan Mikel Arteta pasca keputusan dan kesalahan yang tidak bisa diterima dari wasit, petugas VAR pada laga akhir pekan lalu (kontra Newcastle United). Liga Primer Inggris adalah liga terbaik dan setiap pihak di kompetisi itu layak mendapatkan sesuatu yang lebih baik,'' tulis pernyataan resmi Arsenal seperti dilansir BBC Sport Intermational, Senin (6/10/2023).

The Gunners pun mendesak Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) selaku badan yang mengurus soal perwasitan di kompetisi sepak bola Inggris untuk menerapkan standar baru, yang dianggap lebih baik di pentas Liga Primer Inggris. Untuk itu, Arsenal membuka pintu kerjasama dengan Direktur Teknik PGMOL, Howard Webb, untuk menyusun standar baru tersebut.

''PGMOL sesegera mungkin membahas soal standar tugas wasit dan membawa kami bergerak ke arah baru. Kami akan mendukung sepenuhnya upaya-upaya dari Howard Webb untuk bisa bekerja sama demi mencapai standar baru tugas wasit kelas dunia yang bisa diterapkan di kompetisi ini,'' lanjut pernyataan resmi The Gunners tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement