Jumat 10 Nov 2023 12:52 WIB

Siap Tinggalkan Man City, Phillips Terbuka dengan Kemungkinan Hijrah ke Juventus

Phillips memang begitu santer dikabarkan bakal meninggalkan Man City.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang bertahan Manchester City, Kalvin Phillips, yang diminati Juventus.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL EDITORIAL USE ONLY.
Gelandang bertahan Manchester City, Kalvin Phillips, yang diminati Juventus.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Gelandang bertahan Manchester City, Kalvin Phillips, dilaporkan tertarik dengan kemungkinan kepindahan ke Juventus pada jendela transfer pertengahan musim ini, Januari 2024 mendatang. I Bianconeri disebut-sebut berharap bisa meminjam Phillips selama paruh kedua musim ini.

Kabarnya, upaya perekrutan gelandang bertahan berusia 27 tahun itu menjadi salah satu agenda kepergian dua petinggi Juventus, Cristiano Giuntoli, dan Giovanni Manna, ke London, awal pekan ini. Direktur Olahraga Juventus, Cristiano Giuntoli, kedapatan sempat menyaksikan pertandingan Tottenham Hotspur kontra Chelsea.

Baca Juga

Dalam kepergian ke London tersebut, Giuntoli dan Manna dikabarkan melakukan pertemuan dengan agensi pesepak bola profesional, Stellar Group. Gelandang muda Juventus, Nicolo Fagioli, dan Phillips diketahui menjadi klien dari Stellar Group.

Selain melakukan pembicaraan soal rencana perpanjangan kontrak Fagioli, perwakilan manajemen Si Nyonya Tua itu juga menyinggung soal situasi Phillips di Manchester City. Pembicaraan itu kabarnya menjadi sinyal ketertarikan I Bianconeri untuk mendatangkan eks gelandang bertahan Leeds United tersebut.

Peluang kepindahan ke Juventus itu ternyata disambut positif oleh Phillips. ''Pemain tersebut terbuka dengan kemungkinan bergabung bersama Juventus dengan status sebagai pemain pinjaman selama enam bulan. Selain itu, Man City juga siap melepas pemain asal Inggris tersebut,'' demikian laporan La Gazzetta dello Sports, Kamis (9/11/2023).

Kendati begitu, negosiasi itu baru memasuki tahap awal. I Bianconeri kabarnya masih berharap, Man City mau menanggung separuh gaji dari Phillips selama melakoni masa peminjaman. Phillips diketahui mendapatkan gaji sebesar lima juta euro per musim. Dengan begitu, Juventus setidaknya harus merogoh kocek sedalam 2,5 juta euro apabila meminjam Phillips.

Besaran pengeluaran ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri buat Guintoli yang tengah berupaya menyeimbangkan neraca keuangan Juventus. Tidak hanya itu, manajemen Juventus juga masih harus berdiskusi dengan pelatih Massimiliano Allegri soal kebutuhaan pemain anyar di skuad I Bianconeri.

Sebelumnya, Phillips memang begitu santer dikabarkan bakal meninggalkan Man City pada pertengahan musim ini. Mulai menghuni tim utama the Citizens pada awal musim lalu, Phillips didatangkan dari Leeds United dengan biaya transfer mencapai 42 juta poundsterling dan diikat dengan durasi kontrak selama enam tahun.

Namun, kiprah Phillips di Man City tidak berjalan mulus. Sempat mengalami cedera bahu, Phillips hanya tampil di 21 partai di semua ajang pada musim lalu. Phillips ternyata tidak pernah benar-benar menjadi pilihan utama pelatih Pep Guardiola di lini tengah the Citizens.

Pada musim lalu, Phillips hanya dua kali tampil sebagai starter di Liga Primer Inggris. Kendati telah pulih dari cedera dan sudah cukup fit, Phillips hanya sekali tampil sebagai starter dari delapan kali merumput di semua ajang pada musim ini.

Selain Juventus, sejumlah klub kontestan Liga Primer Inggris juga tertarik untuk memboyong pemilik 30 caps buat timnas Inggris tersebut. Newcastle United dan Liverpool disebut-sebut paling bernafsu merekrut Phillips. Namun, Man City kabarnya enggan melepas Phillips ke sesama klub Liga Primer Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement