Sabtu 11 Nov 2023 16:18 WIB

Perbasi Umumkan Indonesia Patriots tidak Ambil Bagian di IBL

Perbasi akan menjalankan program lain untuk pembinaan Indonesia Patriots.

Tim Indonesia Patriots
Foto: dok IBL
Tim Indonesia Patriots

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PP Perbasi mengumumkan Tim Indonesia Patriots tak lagi berkompetisi mulai IBL 2024 mendatang. Tim berintikan para pemain muda Indonesia bentukan PB Perbasi merencanakan program lain dalam langkah pembinaannya.

Tujuan awal terbentuknya Indonesia Patriots saat itu untuk mempersiapkan pemain menjelang FIBA Asia Cup 2022 demi tujuan lolos ke FIBA World Cup 2023. Program ini dimulai sejak musim Kompetisi IBL 2020.

Baca Juga

Program ini kemudian berubah konsep dari tim berisikan pemain senior pada IBL 2020 menjadi menampilkan pemain-pemain muda sejak IBL 2021 hingga IBL 2023.

"PP Perbasi sudah mengirimkan surat bahwa Indonesia Patriots tidak akan ambil bagian pada Kompetisi IBL. Tentunya IBL selalu mendukung program-program tim nasional Indonesia. Kami juga turut bangga selama ini bisa mematangkan para pemain muda Indonesia bersama Indonesia Patriots di kompeti IBL," ujar Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam keterangan medianya pada Sabtu (11/11/2023).

Perbasi akan menjalankan program lain untuk pembinaan Indonesia Patriots. Selain mengirimkan mereka berlaga pada turnamen di luar negeri, Perbasi juga bekerja sama dengan Federasi Bola Basket Lithuania. 

"Kerjasama dengan Federasi Bola Basket Lithuania membuat kami harus lebih fokus memberi ruang lebih banyak kepada pemain muda mendapatkan jam terbang. Salah satunya adalah mengirim mereka belajar ke Lithuania. Karena itu Indonesia Patriots tidak bisa ikut IBL," kata Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement