Selasa 14 Nov 2023 19:17 WIB

Tekuk Polandia 4-1, Senegal Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia U-17

Hattrick Idrissa Gueye mewarnai kemenangan Senegal atas Polandia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Timnas Senegal Idrissa Gueye melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Polandia pada pertandingan babak penyisihan Grup D Piala Dunia U17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/11/2023).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Penyerang Timnas Senegal Idrissa Gueye melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Polandia pada pertandingan babak penyisihan Grup D Piala Dunia U17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Senegal sukses membungkam Polandia, 4-1, di laga kedua penyisihan Grup D Piala Dunia U-17 2023, Selasa (14/11/2023) malam WIB. Hattrick Idrissa Gueye mewarnai kemenangan Senegal atas Polandia dalam laga yang sempat dihentikan sementara lantaran cuaca buruk di di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, tersebut.

Dengan hasil ini, Senegal melanjukan start apik di pentas Piala Dunia U-17 2023. Kemenangan atas Polandia ini melengkapi kemenangan, 2-1, atas Argentina di laga perdana Grup D, akhir pekan lalu. Senegal pun nyaman di puncak klasemen sementara Grup D dengan koleksi enam poin dari dua pertandingan sekaligus memastikan lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga

Senegal unggul tiga poin atas Jepang, yang berada di peringkat kedua. Jepang dijadwalkan menghadapi Argentina di laga kedua Grup D, Selasa (14/11/2023) malam WIB. Di sisi lain, kekalahan ini membuat Polandia U-17 terpuruk di dasar klasemen sementara usai gagal memetik poin dari dua laga.

Jalannya Pertandingan

The Young Lions of Teranga, julukan Senegal U-17, membuka keunggulan pada menit ke-15 via sepakan kaki kiri Idrissa Gueye dari dalam kotak penalti. Gueye mampu memaksimalkan umpan dari Yaya Dieme.

Meski sudah unggul, Senegal terus menekan pertahanan Polandia. Tim besutan Serigne Dia itu menampilkan organisasi permainan begitu rapi yang ditopang oleh kemampuan teknik para pemainnya. Polandia pun terlihat kesulitan untuk bisa mengimbangi permainan Senegal, terutama di lini tengah.

Senegal akhirnya kembali menambah keunggulan pada menit ke-30 lewat gol bunuh diri Dominik Szala. Bek tengah timnas Polandia itu salah mengantisipasi bola hasil umpan dari sisi kiri pertahanan. Bola hasil sapuannya malah mengarah ke gawang sendiri.

Wasit sempat menghentikan laga untuk sementara, tepatnya pada menit ke-41, lantaran kondisi cuaca yang terus memburuk berupa awan mendung dan kilatan petir di Stadion Si Jalak Harupat. Setelah mengalami penundaan sekitar kurang lebih 15 menit, laga kembali dilanjutkan. Tidak ada gol tercipta di sisa babak pertama.

Pada babak kedua, dominasi Senegal kembali berlanjut. Tim besutan Serigne Die itu menggandakan keunggulan saat babak kedua menyentuh menit ke-52. Gueye mencetak gol keduanya di laga ini usai menyambar umpan Alpha Toure tepat di depan mulut gawang Polandia.

Biale Orly, julukan Polandia U-17, sempat memberikan perlawanan. Sepakan Marcel Regula pada menit ke-66 tidak mampu dihalau penjaga gawang Senegal. Bola hasil sepakan Regula itu terlihat sempat mengenai kaki pemain bertahan Senegal sebelum akhirnya berubah arah.

Namun, Senegal langsung merespon gol balasan Polandia tersebut. Pada menit ke-66, Gueye mencetak gol ketiga alias hattrick di laga ini. Kali ini, Gueye memanfaatkan umpan dari Ibrahima Diallo.

Gueye menjadi pemain Senegal pertama yang mencetak hattrick di gelaran Piala Dunia U-17 2023. Skor, 4-1, untuk kemenangan Senegal pun bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Senegal (4-5-1)

Serigne Diouf (PG); Mamadou Diallo, Fallou Diouf, Pierre Dorival, Ibrahima Diallo; Daouda Diong, Yaya Dieme, Amara Diouf, Alpha Toure, Mamadou Gning; Idrissa Gueye

Pelatih: Serigne Dia

Polandia (3-5-2)

Michal Matys (PG); Dominik Szala, Jakub Krzyzanowski, Igor Orlikowski; Michal Gurgul, Maksymilian Sznaucner, Karol Borys, Krysztof Kolanko, Igor Brzyski; Daniel Mikolajewski, Mateusz Skoczylas

Pelatih: Marcin Wlodarski.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement