Rabu 15 Nov 2023 09:31 WIB

Koeman Pilih Verbruggen Sebagai Kiper Saat Belanda Jamu Irlandia Kualifikasi Piala Dunia

Belanda telah menggunakan lima penjaga gawang dalam 12 bulan terakhir.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kiper Belanda Bart Verbruggen
Foto: EPA-EFE/KOEN VAN WEEL
Kiper Belanda Bart Verbruggen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kiper Brighton & Hove Albion, Bart Verbruggen, akan berada di bawah mistar gawang Belanda saat mereka menghadapi Republik Irlandia di Amsterdam pada Sabtu (15/11/2023), untuk mencari kemenangan demi mengamankan posisi mereka Euro 2024 di Jerman.

Pelatih Ronald Koeman pada Selasa (14/11/2023) mengakhiri spekulasi mengenai siapa yang akan menjadi penjaga gawang Belanda, yang telah menggunakan lima penjaga gawang selama 12 bulan terakhir, dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga

Verbruggen, yang bergabung dengan klub Inggris itu dari Anderlecht pada awal musim, lebih disukai daripada Justin Bijlow dari Feyenoord dan Mark Flekken dari Brentford.

"Bart Verbruggen akan menjaga gawang pekan ini. Saya pikir itu logis berdasarkan dua pertandingan terakhir yang kami mainkan," ujar Koeman dalam konferensi pers pada hari Selasa.

Verbruggen mendapatkan cap pertamanya dalam kekalahan kandang 2-1 dari Prancis dan kemenangan 1-0 di Yunani dalam kualifikasi Euro 2024 bulan lalu.

Hasil itu membuat Belanda berada di urutan kedua klasemen di belakang Prancis yang sudah lolos. Mereka memiliki 12 poin dengan Yunani, yang telah memainkan satu pertandingan lebih banyak.

Jika Belanda gagal melawan Irlandia, mereka masih dapat memastikan posisi kedua, dan tempat di putaran final, dalam pertandingan terakhir mereka di Grup B melawan tim kecil Gibraltar, yang telah kalah dalam semua pertandingan grup mereka, di Faro, Portugal pada Selasa depan.

Setelah mengalahkan Yunani di kedua pertandingan kualifikasi mereka, Belanda akan melaju jika kedua tim memiliki poin yang sama.

"Dia telah berkembang dengan baik di usianya yang masih muda," kata Koeman tentang Verbruggen yang berusia 21 tahun.

"Itu juga yang terjadi pada Bijlow, tapi sayangnya ia mengalami cedera, yang menciptakan situasi berbeda. Bukan berarti Bart 100% pasti akan menjadi pilihan utama selama Kejuaraan Eropa. Anda tidak bisa dan tidak boleh mengatakan itu. Namun pada prinsipnya, ya untuk dua pertandingan ini."

Belanda secara mengejutkan memilih pemain yang belum pernah membela timnas, Andries Noppert, sebagai pilihan utama di putaran final Piala Dunia tahun lalu di Qatar, di bawah asuhan pelatih sebelumnya, Louis van Gaal.

Sejak Koeman mengambil alih tahun ini, ia telah menggunakan Jasper Cillessen, yang kini tidak disukai, Bijlow, Flekken dan Verbruggen. "Itu tidak ideal tetapi mereka semua bermain dengan baik," tambah Koeman.

Ketika ia mengumumkan skuatnya untuk dua pertandingan pada hari Jumat lalu, Koeman membuat kejutan dengan memilih pemain berusia 17 tahun, Jorrel Hato, sebagai salah satu pemain bertahan.

"Saya sedang mencari pemain dengan kaki kiri. Ada beberapa kandidat lain, tetapi mereka menggunakan kaki kanan. Ini bekerja dengan baik karena Nathan Ake sudah ditarik keluar karena cedera," jelas sang pelatih.

Pengunduran diri Ake telah disetujui pada Ahad dan sejak itu ia telah bergabung di pinggir lapangan dengan pasangan Ajax Amsterdam, Steven Bergwijn dan Brian Brobbey. Striker Toulouse yang belum pernah bermain, Thijs Dallinga, dipanggil sebagai pengganti

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement