Rabu 15 Nov 2023 18:19 WIB

Petik Poin Perdana di Piala Dunia U-17 2023, Meksiko Buka Kans Lolos 16 Besar

Meksiko unggul jumlah pemain usai salah satu pemain Venezuela dikartu merah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Timnas Venezuela David Martinez (kedua kanan) berebut bola dengan gelandang Timnas Meksiko Luis Ortiz (kanan) pada pertandingan babak penyisihan Grup F Piala Dunia U17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/11/2023).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Gelandang Timnas Venezuela David Martinez (kedua kanan) berebut bola dengan gelandang Timnas Meksiko Luis Ortiz (kanan) pada pertandingan babak penyisihan Grup F Piala Dunia U17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Meksiko harus puas berbagi poin dengan Venezuela pada laga kedua penyisihan Grup F Piala Dunia U-17 2023, Rabu (15/11/2023) malam WIB. Dalam laga yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, tersebut, Meksiko mengakhiri pertandingan dengan skor imbang, 2-2.

Meksiko sebenarnya memiliki keunggulan jumlah pemain usai salah satu penggawa Venezuela dikartu merah wasit pada menit ke-40. Meksiko pun sempat berbalik unggul setelah tertinggal satu gol pada babak pertama. Namun, tekel keras yang dilakukan penjaga gawang membuat Meksiko mendapatkan hukuman tendangan penalti pada 10 menit akhir pertandingan.

Baca Juga

Ini menjadi poin perdana Meksiko di Piala Dunia U-17 2023 setelah dibekap Jerman, 1-3, di laga pembuka. Meski gagal memetik poin penuh di laga ini, Meksiko tetap memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar.

Bertengger di peringkat ketiga, Meksiko hanya terpaut tiga poin dari Venezuela yang berada di puncak klasemen sementara dengan raihan empat poin.

Kendati begitu, situasi ini bisa berubah apabila Jerman bisa memetik poin penuh kala berduel dengan Selandia Baru di laga kedua Grup F lainnya, Rabu (15/11/2023) malam WIB.

Jalannya pertandingan

Kendati tidak diunggulkan, Venezuela mampu mengawali laga dengan begitu baik. Tim besutan Ricardo Valino itu mengejutkan Meksiko pada menit keenam. Kesempatan sepak pojok mampu dimanfaatkan dengan baik oleh para penggawa Venezuela. Alejandro Cichero sukses menanduk bola hasil sepak pojok tepat di depan mulut gawang Meksiko.

Meksiko mencoba merespons kondisi tersebut. Tim besutan Raul Chabrand itu terus menekan pertahanan Venezuela. Namun, dengan permainan keras, Venezuela bisa sedikit meredam serangan Meksiko. Kendati begitu, Venezuela harus kehilangan satu pemain pada menit ke-40.

Wasit memberikan sanksi kartu merah langsung kepada Giovanny Sequera usai melakukan tekel keras. Gelandang Venezuela itu mesti mengakhiri laga lebih cepat dan tercatat menjadi pemain pertama yang menerima kartu merah langsung di pentas Piala Dunia U-17 2023.

Unggul jumlah pemain, Meksiko terus mengendalikan permainan dan mengepung pertahanan Venezuela demi bisa menyamakan kedudukan. Namun, hingga babak pertama usai, Venezuela terbukti tetap mampu mempertahankan keunggulan.

Situasi tidak jauh berbeda terjadi pada babak kedua. Meskiko terus membombardir pertahanan Venezuela. Berdasarkan catatan resmi FIFA, Meksiko mencatatkan 15 upaya untuk mencetak gol, termasuk empat tembakan yang tepat mengarah ke gawang Venezuela. Meksiko akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-62.

Stephano Carrillo memaksimalkan umpan lambung yang dilepaskan Fidel Barajas. Bola tandukan Carrillo itu bersarang di pojok kanan bawah gawang. Gol Carrillo itu seolah membuka keran gol Meksiko. Runner-up Piala Dunia U-17 edisi sebelumnya tersebut kembali menggandakan keunggulan.

Hanya butuh lima menit buat Meksiko untuk kembali mencetak gol, tepatnya pada menit ke-67. Kali ini, gol kedua Mesiko di laga ini disumbangkan oleh Luis Ortiz. Gelandang Meskiko itu melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti setelah menerima umpan Jose Urias.

Meksiko benar-benar memanfaatkan keunggulan pemain di laga ini. Kendati begitu, sebuah tekel yang dilakukan kiper Paolo Bedolla berakibat fatal. Wasit menunjuk titik putih dan memberikan hadiah penalti buat Venezuela. Nicola Profeta sukses mengeksekusi tendangan penalti tersebut dan mencetak gol penyeimbang kedudukan pada menit ke-84. Gol itu sekaligus menjadi gol terakhir di laga ini.

Susunan Pemain:

Meksiko (4-5-1)

Paolo Bedolla (PG); Luis Navarete, Javen Romero, Brandon Lomeli, Manuel Sanchez; Isaac Martinez, Gael Alvarez, Fidel Barajas, Luis Ortiz, Tahiel Jimenez; Stephano Carrillo.

Pelatih:

Raul Chabrand

Venezuela (4-4-2)

Jorge Sanchez (PG); Yiandra Raap, Rai Hidalgo, Angel Borgo, Luis Balbo; Jose Correa, David Martinez, Juan Arango, Nicolo Profeta; Giovani Sequera, Alejandro Cichero.

Pelatih:

Ricardo Valino.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement