Rabu 15 Nov 2023 21:12 WIB

Ini Alasan Real Madrid Ingin Jadikan Xabi Alonso Pengganti Carlo Ancelotti

Xabi menjadi salah satu pelatih terpanas yang dibicarakan di Eropa.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso. Real Madrid mengincar Alonso untuk mengganti Carlo Ancelotti.
Foto: AP/Martin Meissner
Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso. Real Madrid mengincar Alonso untuk mengganti Carlo Ancelotti.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Reputasi Xabi Alonso dengan cepat naik berkat pekerjaan luar biasanya sebagai pelatih Bayer Leverkusen sejak tahun lalu. Hanya butuh 12 bulan, Xabi mengangkat Leverkusen dari posisi dua terbawah ke klasemen ke papan atas Bundesliga Jerman.

Oleh karena itu, nama Xabi menjadi salah satu pelatih terpanas yang dibicarakan di Eropa.

Baca Juga

Real Madrid menjadikan Xabi sebagai target teratas untuk menggantikan Carlo Ancelotti yang kemungkinan besar akan hengkang. Kontrak Ancelotti di Madrid akan selesai pada akhir musim. Pelatih asal Italia itu kian dekat menjadi pelatih timnas Brasil.

Dengan akan hengkangnya Ancelotti berbagai spekulasi siapa calon penggantinya pun bermunculan. Setelah Julian Nagelsmann mengambil pekerjaan pelatih timnas Jerman, pelatih Real Madrid Castilla, Raul Gonzalez, masuk dalam daftar tersebut.

Tetapi Xabi Alonso yang juga mantan pemain Real Madrid dengan cepat ditempatkan di urutan teratas daftar calon rekrutan, dilansir dari Football Espana, Rabu (15/11/2023). Meskipun Direktur Olahraga Bayer Leverkusen Simon Rolfes menyatakan berencana bekerja sama dengan Xabi musim depan.

Tak hanya Madrid, Liverpool juga berpeluang mendatangkan mantan bintangnya itu. Xabi memiliki klausul pelepasan antara 15 juta dan 18 juta euro. Ini adalah klausul pelepasan yang sangat besar yang jarang dimiliki bagi seorang pelatih.

Namun dengan nama Xabi yang naik daun maka menjadi hal yang lumrah karena tim seperti Leverkusen berusaha melindungi diri sendiri saat ditinggal aset berharganya. Leverkusen mungkin dapat menggunakan klausul itu sebagai pagar sekaligus peluang merekrut pelatih top lain.

Xabi pensiun sebagai pemain pada 2017. Ia memperkuat Madrid pada 2009 sebelum hijrah ke Bayern Muenchen pada 2014. Dia memulai kariernya sebagai pelatih yakni pelath kepala Real Madrid Junior pada 2018 hingga 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement