Kamis 16 Nov 2023 19:59 WIB

Babak Pertama, Indonesia Tertinggal 1-2 dari Maroko

Indonesia sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu dalam laga vs Maroko.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Timnas U-17 Maroko Anas Alaoui (kanan) menyundul bola saat melawan Indonesia U-17 dalam laga penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur (16/11/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemain Timnas U-17 Maroko Anas Alaoui (kanan) menyundul bola saat melawan Indonesia U-17 dalam laga penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur (16/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Indonesia tertinggal 1-2 pada babak pertama laga kontra Maroko di partai pamungkas penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023, Kamis (16/11/2023) malam WIB. Sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu dalam laga di Sadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, tersebut, tim besutan Bima Sakti itu bisa membalas dengan torehan satu gol via gol tendangan bebas Nabil Asyura.

Tempo pertandingan berjalan cepat dengan intensitas cukup tinggi. Baik Maroko maupun Indonesia sama-sama bermain terbuka untuk bisa mencetak gol cepat pada awal laga. The Young Atlas Lions mencatatkan setidaknya dua peluang emas saat laga belum genap berjalan 15 menit.

Baca Juga

Peluang emas pertama Maroko didapat via sepakan Anas Alaoui di depan mulut gawang. Namun, bola hasil sepakan Alauoi itu masih bisa disapu oleh salah satu pemain bertahan tim Garuda Muda.

Tidak berhenti sampai di situ, gelandang Maroko, Abdelhamid Maali, juga sempat melepaskan sepakan terarah dari luar kotak penalti. Peluang itu berakhir dengan aksi impresif penjaga gawang Indonesia, Ikram Al Giffari, yang menghalau bola sembari melompat.

Gawang Indonesia akhirnya benar-benar bergetar pada menit ke-29 via eksekusi penalti Alloui. Bola sepakan Alloui bersarang di pojok kiri bawah gawang dan gagal dijangkau oleh Ikram. Wasit memberikan Maroko hadiah tendangan penalti setelah Welber Jardim kedapatan melakukan pelanggaran terhadap Mohamed Hamony.

Garuda Muda mencoba merespons dengan tampil agresif dalam perebutan bola. Namun, Maroko justru berhasil menambah keunggulan, lagi-lagi berawal dari eksekusi bola mati. Kali ini, tim besutan Said Chiba itu memaksimalkan kesempatan sepak pojok.

Abdelhamid Ait Boudlal, yang lolos dari penjagaan para pemain Indonesia, dengan bebas menanduk bola hasil sepak pojok Ayoub Chaikhon. Maroko sudah mencatatkan keunggulan dua gol saat laga menginjak ke-39.

Berselang tiga menit pasca-gol kedua Maroko tersebut, Indonesia bisa membalas dengan memanfaatkan kesempatan tendangan bebas di depan kotak penalti. Nabil Asyura melepaskan sepakan terarah ke sebelah kiri gawang Maroko tanpa bisa dihalau penjaga gawang Taha Bernhozil. Babak pertama berakhir dengan skor, 2-1, untuk kemenangan Maroko.

 

Susunan Pemain:

Maroko (4-5-1)

Taha Benrhozil (PG); Hamza Koutoune, Abdelhamid Ait Boudlal, Yasser El Aissati, Smail Bakhty; Ayoub Chaikhoun, Ayman Ennair, Abdelhamid Maali, Mohamed Hamony, Mohamed Amine Katiba; Anas Alaoui

Pelatih:

Said Chiba

Indonesia (4-3-3)

Ikram Al Giffari (PG); Welber Jardim, Sultan Zakhy, Iqbal Gwijangge, Ridzjar Nurviat; Hanif Ramadhan, Figo Dennis, Ji Da Bin; Riski Afrisal, Arkhan Kaka, Nabil Asyura.

Pelatih:

Bima Sakti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement