Kamis 16 Nov 2023 22:12 WIB

Kapan VAR Dipakai di Liga 1? Ini Pernyataan Ketum PSSI Erick Thohir

Erick berharap VAR dapat digunakan secepatnya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.
Foto: Republika
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umm PSSI Erick Thohir mengungkapkan training video asisten wasit (VAR) untuk wasit Liga 1 Indonesia sudah digelar hari ini, Kamis (16/11/2023). Salah satu yang memberikan materi yakni Yoshimi Ogawa dari Jepang. Erick berharap VAR dapat digunakan secepatnya.

"Kalau gak ada apa-apa Februari nanti bisa jalan," ujar Erick dalam acara bincang-bincang sepak bola dalam rangka Piala Dunia U-17, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga

Meskipun VAR salah satu terobosan penting di dunia sepak bola. Namun di Inggris beberapa pelatih Liga Inggris dibuat marah oleh keputusan VAR yang beberapa kali dianggap merugikan.

Menanggapi hal tersebut, Erick mengatakan, hal yang biasa saat menerapkan sesuatu yang baru ada pihak merasa nyaman dan tidak nyaman. Menurut Erick, Liga 1 Indonesia membutuhkan VAR karena kualitas wasit lokal masih jauh di bawah negara lain.

"Ini bagian dari pelapis aja," kata Erick.

Wacana penggunaan VAR di Liga 1 digalakkan sejak Erick menjadi Ketua Umum PSSI. Berbagai langkah dilakukan guna meningkatkan kualitas wasit dengan mendatangkan wasit dari Jepang.

Empat stadion yang menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 yakni Jakarta Internasional Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat, Gelora Bung Tomo, dan Manahan Solo telah menggunakan VAR. Diharapkan penggunaan VAR di Liga 1 juga segera diterapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement