Sabtu 18 Nov 2023 18:27 WIB

Bantai Venezuela 3-0, Jerman Raih Poin Sempurna di Grup C

Jerman mengantongi sembilan poin dari tiga laga alias nilai sempurna.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Jerman U-17 Eric Moreira (kiri) mencatatkan namanya di papan skor dalam laga vs Venezuela di Grup C Piala Dunia U-17 di Jakarta Intermational Stadium (JIS), Sabtu (18/11/2023)..
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Pemain Jerman U-17 Eric Moreira (kiri) mencatatkan namanya di papan skor dalam laga vs Venezuela di Grup C Piala Dunia U-17 di Jakarta Intermational Stadium (JIS), Sabtu (18/11/2023)..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) Jerman U-17 perkasa saat jumpa Venezuela U-17 pada partai terakhir babak penyisihan di Grup C Piala Dunia U-17 2023. Der Panzer unggul 3-0 atas wakil Amerika Selatan itu di Jakarta Intermational Stadium (JIS), Sabtu (18/11/2023) petang WIB.

Kurang dari satu menit pertandingan berjalan, Jerman sudah memimpin. Serangan awal anak asuh Christian Wuek berbuah manis. Robert Ramsak menaklukkan kiper lawan dari jarak dekat.

Baca Juga

Setelahnya tim Panzer tetap mencoba menguasai jalannya laga. Beberapa kali wakil Eropa ini menebar ancaman. Namun belum ada tambahan gol.

Sebaliknya, Venezuela  berusaha lebih agresif. Skuad polesan Ricardo Valino berjuang dalam setiap perebutan bola. Nicola Profeta dan rekan-rekan, kesulitan mendulang peluang.

Pada menit ke-23, Jerman nyaris memperlebar jarak. Pertahanan lawan sedikit terbuka. Sepakan Eric Da Silva Moreira ditepis penjaga gawang Venezuela, Jorge Sanchez.

Wasit memberikan tendangan sudut untuk Der Panzer. Elite Benua Biru kembali mengancam. Tandukan Maxim Dal, memanfaatkan umpan rekannya, belum menjangkau sasaran.

Tersengat situasi demikian, Venezuela berupaya merespons. Empat menit berselang, wakil Amerika Selatan ini mendapat peluang pertama lewat tendangan Junior Colina. Upaya Colina, melenceng tipis di samping kanan gawang Max Schmitt.

Setelah 30 menit berlalu intensitas meningkat. Pertandingan menjadi semakin terbuka. Suara-suara dari tribun juga kian bergema.

Nampak penonton menikmati aksi para wonderkid ini. Apalagi cuaca cukup cerah. Teriakan dan dukungan terdengar, setiap ada peluang tercipta.

Pada menit ke-42, Jerman menjauh. Eric Moreira mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan jarak dekat pemain bernomor punggung 17 itu menggetarkan jala Venezuela.

Eric mendapat umpan terukur dari Ramsak. Skor 2-0 untuk keunggulan tim Panzer bertahan hingga turun minum. Menarik dinantikan bagaimana pertandingan ini berlangsung, pada babak kedua nanti.

Selepas jeda, belum ada perubahan berarti. Jerman tetap memegang kendali. Pada menit ke-57, wakil Eropa itu akhirnya memperlebar jarak.

Diawali sebuah sepak pojok. Terjadi kemelut. Ramsak kembali menggetarkan jala Jorge Sanchez.

Anak asuh Christian Wueck tak mengendurkan tekanan meski sudah unggul telak. Venezuela benar-benar dibuat kesulitan. Sebaliknya, tim besutan Ricardo Valino mencoba melepaskan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti.

Salah satunya melalui upaya Luciano Reinoso. Di sisa waktu tak terlihat perubahan berarti. Skor 3-0 untuk keunggulan Jerman bertahan sampai pertandingan usai.

Hasil ini membuat tim Panzer kokoh di singgasana sebagai juara grup. Noah Darvich dkk mengantongi sembilan poin dari tiga laga alias sempurna. Sementara Venezuela tetap melaju ke putaran berikutnya, meski kalah di partai ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement