Senin 20 Nov 2023 06:59 WIB

Rekor Lukaku, Kelolosan Serbia, Hingga Gavi Cedera Warnai Laga Kualifikasi Euro 2024

Serbia lolos ke Euro 2024 setelah bermain imbang 2-2 melawan Bulgaria.

Pemain Belgia Romelu Lukaku
Foto: AP/Raul Mee
Pemain Belgia Romelu Lukaku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Striker Belgia Romelu Lukaku mencetak empat gol pada babak pertama untuk memimpin kemenangan 5-0 atas Azerbaijan yang bermain dengan 10 pemain pada pertandingan terakhir kualifikasi Euro 2024 pada Senin (20/11/2023) dini hari WIB. Dalam laga lain, Serbia mengunci tempat di Euro 2024 setelah bermain imbang 2-2 dengan Bulgaria.

Kabar buruk dari kemenangan 3-1 Spanyol atas Georgia, gelandang Barcelona, Gavi, mengalami cedera serius pada lutut kanannya.

Baca Juga

Lukaku memimpin perolehan gol di babak kualifikasi dengan 14 gol, empat gol lebih banyak dari Cristiano Ronaldo dari Portugal dan lima gol lebih banyak dari Kylian Mbappe dari Prancis.

Torehan Lukaku merupakan rekor dalam sebuah partisipasi pada kualifikasi Piala Eropa, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Robert Lewandowski dari Polandia (pada kualifikasi Euro 2016) dan David Healy dari Irlandia Utara (pada kualifikasi Euro 2008).

Striker Roma ini mencetak keempat golnya antara menit ke-17 dan 37, dalam sebuah penampilan yang mengagumkan dengan penyelesaian akhir yang klinis.

"Itu penampilan yang luar biasa dari Romelu," kata pelatih Belgia, Domenico Tedesco. "Dia mencetak gol dengan setiap tembakan. Anda tidak bisa melakukan lebih baik lagi."

Setelah gol pembuka dari Lukaku yang membuat skor menjadi 1-0, Azerbajian harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-24 setelah Eddy Pascual mendapatkan kartu kuning keduanya.

Belgia telah lolos bersama Austria dari Grup F sebelum pertandingan di Brussel. Namun kemenangan ini membuat mereka finis di peringkat pertama dengan 20 poin dari delapan pertandingan, satu poin lebih banyak dari Austria. Swedia mengalahkan Estonia 2-0 dan berada di posisi ketiga dalam grup.

Lukaku, yang juga merayakan ulang tahun putranya, mengatakan bahwa timnya siap untuk "melangkah jauh" di Jerman.

Lukaku memulai kualifikasi dengan mencetak hattrick ke gawang Swedia pada bulan Maret. Striker berusia 30 tahun ini hanya gagal mencetak gol dalam satu dari delapan pertandingan kualifikasi. Azerbaijan membuatnya frustrasi pada bulan September dalam kemenangan 1-0 untuk Belgia.

Dia juga telah mencetak sembilan gol dalam 14 pertandingan untuk Roma sejak dipinjamkan ke klub Italia itu dari Chelsea pada akhir musim.

Serbia melaju

Serbia membutuhkan hasil imbang atau...

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement