Senin 20 Nov 2023 14:26 WIB

Daftar Tim yang Telah Lolos dan yang Masih Berburu Tiket Euro 2024

Sudah ada 16 tim yang memastikan lolos ke Euro 2024 di Jerman.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Oihan Sancet dari Spanyol melompat saat ia mencoba menyundul bola selama pertandingan sepak bola kualifikasi grup A Euro 2024 antara Spanyol dan Georgia di Stadion Jose Zorrilla di Valladolid, Spanyol, Senin (20/11/2023)dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Oihan Sancet dari Spanyol melompat saat ia mencoba menyundul bola selama pertandingan sepak bola kualifikasi grup A Euro 2024 antara Spanyol dan Georgia di Stadion Jose Zorrilla di Valladolid, Spanyol, Senin (20/11/2023)dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serbia menjadi negara teranyar yang memastikan diri tampil di putaran final Euro 2024. Mengakhiri babak kualifikasi sebagai runner-up Grup G, Serbia bakal menemani Hungaria yang telah lebih dulu memastikan lolos langsung ke Euro 2024 sebagai juara grup.

Meski ditahan imbang Bulgaria, 2-2, di laga pamungkas Grup G, Senin (20/11/2023) dini hari WIB, Serbia tetap berhak lolos langsung ke Euro 2024 lantaran unggul tiga poin atas Montenegro dengan torehan 14 poin dari delapan laga. Sedankan Hungaria duduk nyaman di puncak klasemen akhir Grup G dengan raihan 18 poin.

Baca Juga

Serbia menyusul Belanda, Rumania, dan Swiss yang telah lebih dulu melaju ke putaran final Euro 2024, akhir pekan lalu. Sejumlah tim unggulan, seperti Prancis, Belgia, Portugal, dan Inggris, telah dipastikan lolos ke putaran final Euro 2024 saat masih mengantongi sisa dua pertandingan di babak kualifikasi.

Dengan begitu, sudah ada 16 tim yang dipastikan lolos ke putaran final Euro 2024 via babak kualifikasi. 16 tim ini menenami Jerman, yang sudah dipastikan lolos ke putaran final Euro 2024 lantaran berstatus sebagai tuan rumah. Dari total 24 tim yang berhak tampil di putaran final Euro 2024, 20 tim berasal dari babak kualifikasi ditambah tiga tim dari fase play-off kualifikasi.

Berikut daftar tim nasional yang telah lolos langsung ke putaran final Euro 2024, berdasarkan keterangan di laman resmi UEFA:

Jerman (tuan rumah)

Spanyol (juara Grup A)

Belgia (juara Grup B)

Prancis (juara Grup F)

Portugal (juara Grup J)

Inggris (juara Grup C)

Hungaria (juara Grup G)

Denmark (juara Grup H)

Skotlandia (runner-up Grup A)

Turki (dipastikan finis di dua teratas Grup D)

Austria (runner-up Grup F)

Slovakia (runner-up Grup J)

Albania (dipastikan finis di dua teratas Grup E)

Belanda (runner-up Grup B)

Rumania (dipastikan finis di dua teratas Grup I)

Swiss (dipastikan finis di dua teratas Grup I)

Serbia (runner-up/ Grup G)

Selain 16 tim yang telah memastikan lolos langsung, ada pula tim-tim yang masih menanti nasib untuk lolos otomatis ke putaran final Euro 2024. Setidaknya ada delapan tim yang berebut empat tiket terakhir lolos langsung ke Euro 2024.

Delapan tim itu akan melakoni laga penentuan di putaran terakhir kualifikasi Euro 2024, Selasa (21/11/2023) dini hari WIB dan Rabu (22/11/2023) dini hari WIB. Di antara delapan tim itu terselip juara bertahan turnamen, Italia, dan runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia. 

Berikut daftar tim nasional yang akan bersaing memperebutkan tiket terakhir lolos langsung ke putaran Euro 2024:

Italia dan Ukraina (Grup C)

Ceko dan Moldova (Grup E)

Slovenia dan Kazakhstan (Grup G)

Kroasia dan Wales (Grup D)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement