Rabu 22 Nov 2023 07:38 WIB

Ghana dan Afrika Selatan Jadi Korban Kejutan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Afrika

Afrika Selatan dibekap Rwanda 0-2, Ghana ditundukan Komoro 0-1.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Logo Piala Dunia 2026.
Foto: FIFA
Logo Piala Dunia 2026.

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE TOWN -- Ghana dan Afrika Selatan harus menahan malu usai menelan kekalahan mengejutkan di laga kedua penyisihan grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Afrika (CAF), Selasa (21/11/2023) waktu setempat. Sementara Afrika Selatan dibekap Rwanda 0-2, Ghana ditundukan Komoro 0-1.

Afrika Selatan yang melawat ke markas Rwanda, Stadion Huye, menyerah lewat dua gol yang masing-masing dicetak Innocent Nshuti dan Gilbert Mugisha pada laga kedua penyisihan Grup C. Ini menjadi kekalahan pertama tim Bafana-Bafana di kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CAF.

Baca Juga

Dengan torehan tiga poin dari dua laga, Afrika Selatan pun terpaksa menyerahkan posisi puncak klasemen sementara Grup C ke Rwanda, yang unggul satu poin. Tidak hanya dari Afrika Selatan, Rwanda mampu mengungguli raihan poin sejumlah tim unggulan, seperti Nigeria dan Zimbabwe.

Buat Rwanda, kemenangan atas Afrika Selatan ini menjadi kemenangan perdana dalam 11 laga kandang terakhir di semua ajang. Di laga pembuka penyisihan Grup C, peringkat ke-140 FIFA tersebut mampu menahan imbang Zimbabw, tanpa gol, pertengahan pekan lalu.

Kejutan juga disuguhkan Komoro saat menjamu Ghana di Stadion De Moroni pada laga kedua penyisihan Grup I. Gol kemenangan Komoro itu dicetak oleh Myziane Maolida pada menit ke-43. Ini menjadi gol kedua penyerang kelahiran Prancis tersebut dalam dua laga terakhir bersama Comoro.

Negara Kepuluan di Samuder Hindia itu berhak memimpin klasemen sementara Grup I dengan keunggulan dua poin atas Mali. Ghana, yang mampu empat kali tampil di putaran final Piala Dunia dalam lima edisi terakhir, terpuruk di peringkat keempat setelah hanya mengemas tiga poin dari dua pertandingan.

Hasil minor juga ditorehkan tim unggulan lain. Zambia menyerah, 1-2, di tangan Niger di penyisihan Grup E, sedangkan Guinea dibekap Botswana, 0-1, di penyisihan Grup G. Selain itu, Kamerun dan Senegal juga menemui kesulitan memetik poin penuh di jeda internasional ketiga pada musim ini.

Senegal, yang lolos ke putaran final Piala Dunia dalam dua edisi terakhir, ditahan imbang Togo, tanpa gol. Kendati begitu, Ghana tetap memimpin klasemen semntara Grup B lantaran tetap unggul jumlah selisih gol atas Sudan. Di Grup D, Kamerun harus puas berbagi poin dengan Libya usai bermain imbang, 1-1.

Kendati begitu, hasil apik mampu ditorehkan sejumlah tim ungulan lainnya. Maroko, yang mengakhiri edisi terakhir Piala Dunia sebagai semifinalis, mampu membungkam Tanzania 2-0 dalam laga di Stadion Dar Es Salam. Ini menjadi laga perdana Maroko di kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah laga kontra Eritrea mengalami penundaan.

Maroko pun langsung memimpin klasemen sementara Grup E dengan koleksi tiga poin, unggul jumlah selisih gol dari Zambia, yang telah merumput dalam dua pertandingan. Sementara di laga lainnya, Burkina Faso mencatatkan rekor kemenangan terbesar di laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CAF.

Burkina Faso membungkam Ethiopia, 3-0. Tambahan tiga poin di laga ini membawa Burkina Faso berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A, membayangi Mesir yang unggul dua poin dengan torehan enam poin dari dua laga.

Laga ketiga penyisihan grup kualifikasi Piala Dunia 2023 akan kembali digelar pada Juni 2024. Kini, CAF akan bersiap dan telah mengalihkan fokus untuk menggelar Piala Afrika 2024, yang bakal digelar di Pantai Gading, Januari mendatang.

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement