Rabu 22 Nov 2023 18:10 WIB

Kejutan Timnas Uzbekistan U-17 Bekap Inggris U-17, 2-1

Uzbekistan tampil luar biasa.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Timnas Indonesia Inggris (putih) saat bertanding melawan Timnas Uzbekistan pada babak 16 besar Piala Dunia U17 di Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Raby (22/11/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemain Timnas Indonesia Inggris (putih) saat bertanding melawan Timnas Uzbekistan pada babak 16 besar Piala Dunia U17 di Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Raby (22/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelaran Piala Dunia U-17 menghadirkan kejutan tim nasional Uzbekistan U-17 sukses membungkam timnas Inggris U-17 dengan skor 2-1 pada babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Bergulir di Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Rabu (22/11/2023) petang WIB. Uzbekistan secara mengejutkan mampu menyingkirkan salah satu tim favorit Inggris U-17.

Baca Juga

Kedua gol Uzbekistan U-17 hadir melalui Amirbek Saidov menit ke-4 dan Lazizbek Mirzaev menit ke-67.

Sedangkan Tim Singa Muda mencatatkan satu gol berkat pemain akademi Manchester City, Tshisanga Ndala menit ke-35.

Dengan hasil ini timnas Uzbekistan U-17 memastikan langkah ke putaran perempat final Piala Dunia U-17 2023. Nantinya skuad besutan Jamoliddin Rakhmatullaev bertemu dengan pemenang dari laga Prancis U-17 versus Senegal U-17.

Pertandingan cukup menarik sejak awal laga. Uzbekistan yang jadi tim underdog ternyatan mampu mengimbangi permainan Inggris.

Bahkan pada menit ke-4 Uzbekistan mampu mencetak gol melalui serangan balik cepat. Lazizbek Mirzaev menerima umpan terobosan yang langsung melepas tembakan.

Kiper Inggris Tommy Setford mampu memblok tembakan Mirzaev. Bola liar pun ditanduk oleh striker Aimerbek Saidov. Skor 1-0 untuk keunggulan Uzbekistan.

Tertinggal 0-1 membuat Inggris bangkit dan terus mencari cara membongkar pertahanan rapat Uzbekistan.

Peluang Inggris terjadi pada menit ke-17. Umpan silang Myles Lewis-Skelly dari sebelah kanan berbuah kemelut yang masih bisa diredam kiper Uzbekistan, Muhammad Yusuf Sobirov.

Sobirov kembali menunjukkan keahliannya. Kiper itu melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tembakan keras Jayden Meghoma.

Kebuntuan Inggris akhirnya pecah pada menit ke-36. Joel Ndala lolos dari perngkap offside menyambut umpan Chris Rigg. Dengan sikap tenang Ndala melepaskan bola ke sisi kosong yang tak bisa dijangkau kiper Muhammad Yusuf Sobirov.

Memasuki akhir babak pertama Inggris terus menggempur pertahanan Uzbekistan. Tetapi hingga peluit turun minum skor sama kuat 1-1 tetap bertahan.

Memasuki interval kedua Inggris langsung tancap gas dengan tampil lebih terbuka demi mencari gol tambahan dari Uzbekistan.

Sayang beberapa peluang melalui Sam Amo-Ametaw, Joel Ndala serta Matthew Warhurts masih bisa diantisipasi oleh kiper Uzbekistan Mohammad Yusuf Sobirov.

Memasuki menit ke-50 Uzbekistan punya peluang emas melalui tembakan sang kapten Lazizbek Mirzaev. Sayang tembakan spekulasinya masih bisa diantisipasi kiper Inggris.

15 menit berselang tepatnya pada menit ke-67 Uzbekistan membuat pendukung serta pemain Inggris U-17 tertunduk. Mirzaev mencatatkan namanya di papan skor setelah tembakan akuratnya kali ini gagal diangisipasi kiper Tommy Setford. Skor 2-1 untuk Uzbekistan.

Inggris punya kans untuk menyamakan kedudulan tembakan plesing Joel Ndala menit ke-75 tidak bisa terjangkau oleh Yusuf Sobirov. Beruntung bagi Uzbekistan, bola membentur mistar gawang.

Memasuki 10 menit pertandingan berakhir Uzbekistan bermain sangat dalam. Mereka menurunkan tempo permainan dan tampil rapat.

Alhasil gempuran timnas Inggris selalu mudah dipatahkan oleh pemain-pemain Uzbekistan. Di ujung pertandingan pelatih Uzbekistan, Jamoliddin Rakhmatullaev mendapat akumulasi kartu merah karena menendang bola.

Jamoliddin Rakhmatullaev dianggap mengulur-ngulur waktu. Namun, upaya itu berhasil dengan Uzbekistan menyudahi pertandingan dengan skor 2-1 dari timnas Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement