Kamis 23 Nov 2023 16:39 WIB

Pernah Dicueki PBVSI, Kini Bintang Voli Indonesia Rivan Nurmulki Dilarang Main Setahun

Rivan kini mengaku pasrah dan menerima hukuman.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Atlet  Bola Voli Indonesia Rivan Nurmulki  melakukan smash.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Atlet Bola Voli Indonesia Rivan Nurmulki melakukan smash.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet voli Indonesia Rivan Nurmulki mendapat sanksi dari Persatuan Bola Voli Indonesia (PBVSI). Rivan pun akhirnya dijatuhi hukuman oleh Komisi Disiplin PBVSI.

Polemik Rivan bermula dari penolakan sang pemain untuk membela Timnas Voli Indonesia di ajang AVC Championship alias Kejuaraan Voli Asia 2023, yang berlangsung di Iran pada Agustus kemarin.

Baca Juga

Namun, Rivan menyampaikan alasannya mangkir dan absen dari timnas Voli Indonesia karena menjalani sidang kode etik di kepolisian yang wajib dihadiri.

"Mungkin kesalahannya aku main di Kapolri Cup, tapi kan sidang sudah selesai, saya pikir memamg kenapa kalau main, mungkin salah. Ya, sudah saya bicara apa adanya saja," kata Rivan dalam keterangan yang diterima, Kamis (23/11/2023).

Persoalan memuncak ketika memutuskan tidak membela Merah Putih pada ajang AVC Championship. Rivan justru terlihat bermain di Piala Kapolri 2023 bersama tim Kapolda Kalimantan Timur.

Akibat hal itu pihak PBVSI melalui Komdis menghukum atler berusia 28 tahun dengan larangan bermain selama satu tahun di level internasional.

"It's okay, larangan bermain untuk timnas untuk satu tahun ke depan di level internasional. Kalau saya pribadi ya untuk bela timnas siapa sih yang ga mau? Kami semua ingin mengharumkan nama Indonesia," sambung pria kelahiran Jambi.

Tidak ingin persoalan berlarut-larut Rivan mengaku sudah lapang dada dan bersedia menjalani sanksi yang diterima, pun berharap masalah segera selesai.

"Alhamdulillah sidang lancar dan masalah selesai. Pada dasarnya saya mau bercerita dan meluruskan agar tidak ada hoaks."

Dalam beberapa mediasi bersama PBVSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Rivan berbohong lantaran tidak membela timnas Indonesia dibeberapa ajang internasional seperti Asian Games, AVC Championship dan Asian Men's Volleyball Championship tahun ini.

Seiring berjalannya waktu karier voli profesional Rivan melejit. Tidak hanya bermain di klub Samator bahkan hingga bermain di Liga Voli Jepang. Rivan juga memperkuat Timnas Indonesia sejak 2015. Rivan menjadi bagian dari Timnas Voli yang Hattrick meraih emas SEA Games 2019, 2022 dan 2023. 

Namun sayang, di ajang Asian Games yang digelar di Hangzhou China, Selasa (19/9/2023), hingga 8 Oktober 2023 nama Rivan tak masuk dalam daftar 12 nama yang membela tim merah putih. Kita pun tak bisa melihat aksinya di multi even terbesar di Asia tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement