Jumat 24 Nov 2023 13:23 WIB

Hadapi Argentina, Brasil U-17 tak Terpengaruh Hasil Buruk Tim Senior di Maracana

Sebelum laga nanti, Brasil dan Argentina sudah sering bertemu satu sama lain.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Para pesepak bola timnas Brasil di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Para pesepak bola timnas Brasil di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Brasil U-17 akan melakoni laga superclasico melawan Argentina U-17 di Piala Dunia U-17 2023 untuk bisa mengamankan satu tempat di semifinal. Laga tersebut akan berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Jumat (24/11/2023) pukul 19.00 WIB.

Menjelang laga itu, pelatih Brasil U-17 Phelipe Leal menegaskan timnya hanya berkonsentrasi pada laga tersebut. Leal menegaskan saat ini fokus Brasil adalah bagaimana membuat pemain nyaman. Ini mengingat pendeknya waktu pemulihan dengan jarak pertandingan.

Baca Juga

"Yang terutama saat ini adalah bagaimana meningkatkan konsentrasi pemain dalam segala hal. Karena pertandingan ini bukan 90 menit, tetapi lebih dari itu. Setiap menit, pemain harus fokus agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dan mendapatkan hasil positif," kata Leal.

 

Bagi Brasil, tidak ada hal yang bisa mengganggu fokus. Termasuk hasil buruk timnas senior Brasil di Maracana. Alisson Becker dkk dipaksa menyerah 0-1 oleh Argentina pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan. Hal itu, ditegaskan Leal tidak akan mempengaruhi pemainnya.

"Fokus kami di sini, di Piala Dunia U-17. Tidak ada yang bisa menggesernya. Kami sama sekali tidak terpengaruh kekalahan timnas senior di Maracana," ujar Leal.

Brasil U-17 menjadi tim kedua tersukses di Piala Dunia U-17 2023. Tim Samba junior berada satu level di bawah Nigeria U-17 yang telah lima kali memenangkan gelar juara dunia di turnamen ini. Terlepas dari target meraih kembali gelar juara di turnamen ini, menurut Leal, bisa berkompetisi di turnamen dua tahunan ini sudah menjadi kebanggaan bagi tim.

"Bisa hadir di Piala Dunia ini lagi saja sudah menjadi kebanggaan bagi kami. Apalagi kami memiliki peluang lolos ke empat besar. Sekarang momentum kami untuk melaju dan kami akan berusaha untuk memetik kemenangan," kata Leal menegaskan.

Sebelum laga tersebut, kedua tim sudah sering bertemu satu sama lain, apalagi dalam dua tahun belakangan ini, sehingga mereka tahu di mana titik kekuatan dan kelemahan masing-masing.

Kendati demikian, Brasil menegaskan tidak takut dan ingin mengulangi hasil positif. Brasil yakin saat ini, dengan dukungan suporter, Selecao bisa kembali mendapatkan kemenangan dan melaju ke fase gugur selanjutnya.  

"Kami sudah sering bertemu dalam dua tahun belakangan ini. Mereka adalah tim yang memiliki pemain dengan kualitas teknik yang bagus. Kami harus waspada dalam 90 menit permainan normal untuk bisa memanfaatkan kelemahan mereka untuk bisa menang," kata Leal menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement