Jumat 24 Nov 2023 18:13 WIB

Gol Penalti Bawa Timnas Jerman ke Semifinal Piala Dunia U-17

Gol semata wayang Jerman U-17 dicetak oleh striker Paris Brunner.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Selebrasi gol Jerman U-17 yang dicetak oleh striker Paris Brunner dari titik putih pada menit ke-64.
Foto: Dok. LOC WCU17BRY
Selebrasi gol Jerman U-17 yang dicetak oleh striker Paris Brunner dari titik putih pada menit ke-64.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Jerman U-17 memastikan langkah ke partai semifinal setelah mengalahkan timnas Spanyol U-17 dengan skor tipis melalui gol titik putih 1-0 pada babak perempat final Piala Dunia U-17 2023.

Bergulir di Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Jumat (24/11/2023) petang WIB. Gol semata wayang Jerman U-17 dicetak oleh striker Paris Brunner dari titik putih pada menit ke-64.

Baca Juga

Hasil ini membawa pasukan Christian Wuck lolos ke putaran selanjutnya alias partai semifinal Piala Dunia U-17 2023. Jerman nantinya akan menanti pemenang dari laga Argentina U-17 melawan Brasil U-17.

La Roja, Spanyol U-17 sejatinya mendominasi permainan di babak pertama. Namun sayang belum tercipta gol dalam 45 menit pertandingan berlangsung.

Pada menit ke-21 penyerang Spanyol U-17, Marc Guiu nyaris menjebol gawang Jerman, tetapi Emil Da Silv Moreira melakukan penyelamatan penting dengan melakukan blok di dalam kotak penalti.

Semenit kemudian giliran Juan Hernandez yang memberikan ancaman dengan melepaskan tendangan keras mendatar dari luar kotak penalti, tetap kiper Jerman U-17 Max Schmitt dapat menepis bola.

Hingga memasuki menit ke-30, Jerman yang diasuh oleh Cristian Wuck terus diserang oleh Spanyol. Jerman hanya melakukan serangan balik dengan mengandalkan Bilal Yalcinkaya yang masuk menggantikan Charles Herrmann.

Menepinya penyerang sayap Herrmann sedikit memengaruhi permainan dari Der Panzer muda. Pasalnya, sang pemain memiliki kecepatan menyisir dari pinggri lapangan.

Pada menit ke-35 Jerman memiliki peluang melalui serangan balik. Sayang bola dengan mudah dibendung oleh deretan pemain bertahan Spanyol.

Berselangan dua menit Der Panzer kembali memiliki peluang melalui Yalcinkaya hanya saja tembakannya dapat diantisipasi kiper Raul Jimenez.

Hingga babak pertama selesai, pertandingan Spanyol vs Jerman di babak perempat final Piala Dunia U-17 masih sama kuat 0-0.

Memasuki interval kedua Spanyol kembali menyerang lewat satu-dua sentuhan. Namun pertahanan rapat Jerman tidak bisa ditembus.

Asik menyerang, La Roja justru kebobolan pada menit ke-64 dari tendangan penalti Paris Josua Brunner. Berawal dari serangan balik cepat, Brunner yang beroperasi dari sebelah kiri masuk ke kotak penalti.

Bek Spanyol, Hector Fort yang mencoba menghentikan Brunner malah membuat pelanggaran. Wasit asal Uni Emirat Arab, Omar Mohamed Al Ali, tanpa ragu menunjuk titik putih.

Brunner yang bertugas sebagai algojo dengan dingin menaklukkan kiper Spanyol, Raul Jimenez.

Sampai menit ke-70, Jerman tetap unggul 1-0 atas Spanyol. Selepas water break, Spanyol yang tertinggal satu gol terus menyerang pertahanan Jerman, tetapi anak asuh Jose Lana masih kesulitan dalam penyelesaian akhir.

Spanyol boleh saja mendominasi pertandingan hingga unggul ball possesion 70 persen tetapi Jerman sangat disiplin saat bertahan. Hingga menit ke-85, Spanyol terus mengurung pertahanan Jerman.

Spanyol bahkan sudah melepaskan 19 tembakan ke arah gawang Jerman di pertandingan ini. Bermain lebih ngotot membuat Spanyol harus kehilangan satu pemain yakni kiper Raul Jimenez usai melanggar Yalcinkaya di menit-menit akhir pertandingan.

Tidak ada peluang emas yang didapat Spanyol di sisa waktu pertandingan dengan Jerman U-17 memastikan kemenangan 1-0 dari lawannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement