Ahad 26 Nov 2023 15:55 WIB

Pelatih: Anthony Ginting Perlu Latihan Intens Menyusul Membaiknya Cedera Lutut

Ginting dan Jojo akan tampil di World Tour Finals di Hangzhou, Cina, Desember 2023.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala pelatih tunggal putra Indonesia Irwansyah mengatakan, Anthony Sinisuka Ginting memerlukan latihan intens menyusul kondisi gangguan otot di bagian lututnya yang dinilai kian membaik. Performa Ginting di China Masters 2023 beberapa waktu lalu juga mulai membaik.

“Sebenarnya penampilan Ginting di China Masters 2023 itu sudah bagus, bahkan dari turnamen-turnamen sebelumnya performanya juga bisa dibilang membaik terus. Tetapi, memang Ginting ini masih membutuhkan latihan lebih intens lagi karena sebelumnya sempat mengalami gangguan otot di bagian lututnya,” ujar Irwansyah dalam keterangan tertulis PP PBSI, Ahad (26/11/2023).

Baca Juga

Kini setelah kondisi lutut Ginting makin membaik, Irwansyah melanjutkan, latihannya harus ditambah lebih bagus lagi dan dinaikkan lagi. "Ini agar tempo permainan Ginting itu bisa kembali seperti dulu,” katanya.

Lebih lanjut, Irwansyah menilai Ginting memang terlihat kurang cepat pada penampilannya di babak 16 besar China Masters saat menghadapi wakil Taiwan Lin Chun-Yi. Dampaknya, tunggal putra peringkat dua dunia itu pun terus-menerus diserang dan menelan kekalahan dua gim langsung. “Meskipun belum berhasil lolos ke babak berikutnya, permainan Ginting itu sudah bagus. Tetapi, itu belum cukup, dia harus ditingkatkan lagi.”

Selain itu, Irwansyah menilai pola permainan Ginting muncul saat Ginting menghadapi Loh Kean Yew asal Singapura. Namun, Ginting masih memerlukan latihan dan persiapan yang maksimal. “Untuk bisa kembali ke penampilan terbaik lagi seperti dulu, memang harus diakui latihan dan persiapannya kurang maksimal. Hal ini bukan karena dia tidak mau melakukan, tetapi ada kendala di lututnya,” kata dia.

Setelah China Masters, Ginting dan tunggal putra Indonesia lainnya, Jonatan Christie, akan segera bersiap untuk melakoni World Tour Finals di Hangzhou, Cina, pada Desember 2023. Irwansyah berharap, kedua pemain bisa lebih stabil dan percaya diri.

“Untuk menghadapi World Tour Finals, Ginting dan Jojo akan dipersiapkan dengan baik. Mulai pekan depan sudah benar-benar dinaikkan latihannya. Latihannya harus benar-benar bagus. Cuma Jojo ada kendala di kaki kiri dekat otot achilles-nya,” ujar Irwansyah. “Cederanya sudah dirawat dokter spesialis. Mudah-mudahan ke depan dengan istirahat dan mendapatkan perawatan terbaik, kondisi kaki Jojo sudah fit kembali. Dia dan Ginting pun akan fokus dipersiapan ke World Tour Finals.”

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement