Selasa 28 Nov 2023 09:16 WIB

Jujur dan Sportif, Ronaldo Minta Wasit Batalkan Keputusan Penalti untuk Klubnya

Duel vs Persepolis berakhir imbang 0-0 dan sudah cukup buat Al Nassr melaju.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Bintang klub Arab Saudi Al-Nassr asal Portugal, Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA-EFE/JIJI PRESS
Bintang klub Arab Saudi Al-Nassr asal Portugal, Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Cristiano Ronaldo memiliki kemampuan luar biasa di depan gawang. Tak jarang, ia mencoba memanfaatkan sedikit keuntungan untuk menambah pundi-pundi golnya.

Itu pemandangan lumrah di sepak bola profesional. Terkadang wasit kurang jeli menangani sebuah momen. Pemain seperti Ronaldo berusaha meyakinkan sang pengadil agar berpihak pada timnya.

Baca Juga

Namun pemandangan berbeda terlihat dalam duel Al-Nassr FC versus Persepolis pada matchday kelima Grup E Liga Champions Asia musim 2023/2024. Laga berlangsung di markas Al-Nassr. Tepatnya di Al-Awwal Park Stadium, Riyadh, Selasa (28/11/2023) dini hari WIB.

Saat duel baru berjalan dua menit, Ronaldo terjatuh di area terlarang. Biasanya, ia menghadap ke wasit dan meminta agar timnya diberikan penalti. Itu hal biasa.

Kali ini, Ronaldo menunjukkan bahasa tubuh sebaliknya. "Penyerang Al Nassr itu meyakinkan wasit untuk tidak memberinya penalti," demikian laporan dari bbc.com.

Intinya, ia tidak merasa dilanggar. Sebelumnya, wasit asal Cina, Ma Ning sudah menunjuk titik putih. CR7, julukan Ronaldo, mendekati pengadil tersebut. Bintang asal Portugal itu meminta Ning membatalkan keputusannya.

Sang wasit lantas memantau VAR. Ia akhirnya mengubah keputusannya. Kombinasi dari hasil pantauan di tayangan ulang, dan kejujuran Ronaldo, menyelamatkan Persepolis.

Duel berjalan terus. Papan skor menunjukkan angka 0-0. Hasil ini sudah cukup meloloskan Al-Alami ke babak 16 besar.

Skuad polesan Luis Castro mengoleksi 13 poin. Hanya ada satu pertandingan tersisa di fase penyisihan grup. Al Nassr unggul lima angka atas kubu tamu di urutan kedua.

Cuma juara grup yang lolos langsung ke putaran berikutnya. Persepolis masih bisa melaju lewat jatah runner-up terbaik. Raksasa Iran ini bakal bersaing dengan sejumlah peringkat dua lainnya.

Selanjutnya, Al Nassr kembali ke ranah domestik. Anak asuh Castro akan menjalani sebuah bigmatch di pekan ke-15 Saudi Pro League (SPL). Sadio Mane dkk bertamu ke markas Al-Hilal.

Duel tersebut berlangsung di King Fahd International Stadium, Riyadh, Sabtu (2/12/2023) dini hari WIB. Pertarungan sesama tim papan atas. Tuan rumah berada di puncak klasemen sementara. Dengan mengantongi 38 poin, Al-Hilal unggul empat angka atas Al-Nassr di urutan kedua.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement