Rabu 29 Nov 2023 19:04 WIB

Xavi Klaim Barcelona Telah Tunjukkan Mentalitas Juara di Liga Champions

Barcelona hanya butuh hasil imbang di laga terakhir kontra Antwerp untuk juara grup.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengatakan, timnya telah menunjukkan mentalitas juara di Liga Champions musim ini setelah memastikan kembali ke babak gugur kompetisi klub elite Eropa untuk pertama kalinya dalam tiga musim terakhir. Kepastian itu didapatkan saat Barcelona menjinakkan FC Porto 2-1 dalam pertandingan kelima Grup H di Stadion Olimpiade Lluis Companys, Rabu (29/11/2023) dini hari WIB.

Joao Cancelo dan Joao Felix mencetak gol kemenangan Blaugrana. Kemenangan ini membuat mereka mengumpulkan 12 poin dari lima pertandingan. Mereka hanya butuh hasil imbang dalam laga terakhir melawan Antwerp untuk memastikan posisi teratas.

Baca Juga

“Kami membutuhkan ini setelah dua tahun,” ujar Xavi dilansir dari Reuters.

Xavi mengeklaim pasukannya bereaksi dengan baik dan menunjukkan mentalitas kuat. Menurutnya, situasi ini merupakan langkah penting ke arah yang benar sekaligus sangat berarti bagi klub.

"Itu target pertama kami yang tercapai di Liga Champions. Itu menenangkan kami dan meningkatkan kepercayaan diri kami, terutama para pemain," kata Xavi menambahkan.

Kemenangan atas Porto sekaligus membalas kekecewaan setelah bermain imbang 1-1 melawan Rayo Vallecano di La Liga. Hasil yang membuat mereka turun ke posisi keempat atau empat poin di belakang rival beratnya Real Madrid.

Xavi menunjukkan rasa senangnya dengan kemenangan tersebut karena Barcelona mengalami kemajuan. Meskipun Xavi mengakui semua masalah tak dapat diselesakan, tetapi hasil bagus tersebut sudah menyenangkannya.

"Ada banyak hal yang harus diperbaiki, tentu saja. Kami harus rendah hati. Kami telah melakukan beberapa hal dengan sangat baik, beberapa hal lainnya tidak," kata Xavi. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement