Rabu 29 Nov 2023 19:15 WIB

J.League Watch Party Digelar di Jakarta, Ini Tempat dan Waktunya

J.League Watch Party merupakan nonton bareng yang digelar di tiga negara berbeda.

Shinji Ono dari Hokkaido Consadole Sapporo.
Foto: Dok J league
Shinji Ono dari Hokkaido Consadole Sapporo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi J1 League 2023 memang sudah mendapatkan juaranya, yakni Vissel Kobe. Namun bukan berarti gemerlap Liga Jepang musim ini sudah berakhir.

Untuk merayakan laga terakhir Meiji Yasuda J1 League 2023, J.League menggelar J.League Watch Party alias nonton bareng di tiga negara berbeda: Indonesia, Thailand, dan Australia. J.League Watch Party digelar untuk menyatukan para pencinta kompetisi sepak bola Jepang, sekaligus menjadi perayaan akhir tahun dari musim spesial ulang tahun ke-30 J.League tahun ini.

Baca Juga

Di Indonesia, J.League Watch Party akan dilangsungkan pada Ahad, 3 Desember 2023, di AEON Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Laga Hokkaido Consadole Sapporo vs Urawa Red Diamonds jadi laga yang dipilih untuk J.League Watch Party kali ini. Pertandingan akan dimulai pukul 12.00 WIB, dengan gelaran J.League Watch Party dimulai pukul 11.00 WIB.

Doni Zola akan bertindak sebagai MC dan Kidiketids akan jadi bintang tamu spesial dalam acara nanti. Selain nonton bareng, J.League Watch Party juga akan menghadirkan games-games seru, analisis dan live reaction dari komentator ternama, serta tak lupa ada banyak hadiah yang menanti untuk mereka yang datang.

Selain itu, J.League Watch Party kali ini akan memiliki tema Blue Lock, salah satu Anime/Manga sepak bola yang sedang menggemparkan dunia dan kini bekerja sama dengan J.League.

Ada beberapa alasan spesial mengapa laga Hokkaido Consadole Sapporo vs Urawa Red Diamonds dilipih dalam J.League Watch Party kali ini. Ini akan menjadi laga terakhir sekaligus perpisahan bagi legenda sepak bola Jepang, Shinji Ono, yang saat ini membela Consadole. Ia sudah berusia 44 tahun dan memutuskan pensiun akhir musim ini.

Selain itu, Urawa Red Diamonds adalah tim juara bertahan Liga Champions Asia. Setan Merah dari Saitama menjadi juara bulan Mei lalu dengan mengalahkan wakil Arab Saudi, Al-Hilal, di partai puncak dengan agregat skor 2-1.

Selain itu, Urawa Reds kini menempati posisi keempat dengan 54 angka, hanya berselisih satu poin dari Sanfrecce Hiroshima di posisi ketiga. Artinya mereka masih punya kesempatan besar meraih posisi tiga untuk mendapatkan tiket ke Liga Champions Asia 2 musim depan.

Consadole Sapporo juga memiliki wakil Asia Tenggara di tim mereka musim ini lewat gelandang Thailand, Supachok Sarachat. Supachok sudah bermain 23 kali di J1 League musim ini, dengan catatan tujuh gol dan satu assist.

Sapporo Dome yang jadi tempat digelarnya laga ini juga spesial. Stadion di Sapporo, Hokkaido, ini memiliki kubah besar yang bisa dibuka dan ditutup demi melindungi bagian dalam dari cuaca dingin dan salju saat musim dingin tiba.

Kandang Hokkaido Consadole Sapporo ini juga memiliki dua lapangan dengan rumput sintetis dan rumput asli yang bisa digeser keluar masuk dan diganti sesuai kebutuhan. Berkapasitas 38.794 penonton, Sapporo Dome sudah jadi kandang Consadole sejak dibuka pada tahun 2001 lalu.

Dalam lima pertemuan terakhir, kedua tim sama-sama meraih satu kemenangan, tiga laga sisanya berakhir imbang. Di paruh pertama musim ini, Urawa Reds mampu menang telak 4-1 di kandang sendiri dalam laga yang dihiasi kartu merah untuk bek Consadole, Toya Nakamura.

Pemenang laga ini akan diketahui dalam acara J.League Watch Party akhir pekan ini.  

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement