Rabu 29 Nov 2023 21:37 WIB

Arteta Tunjukkan Skill Olah Bola, Kolongi Odegaard dalam Latihan Arsenal

Arsenal akan menghadapi Lens dalam lanjutan penyisihan grup Liga Champions.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
 Manajer Arsenal Mikel Arteta dan Martin Odegaard
Foto: AP/Rui Vieira
Manajer Arsenal Mikel Arteta dan Martin Odegaard

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebelum merintis karier sebagai pelatih, Mikel Arteta dikenal sebagai salah satu gelandang tengah papan atas di Liga Primer Inggris. Mulai merenda nama besar di Everton, Arteta kemudian meraih sejumlah kesuksesan bersama Arsenal.

Arteta, yang memulai kiprah sebagai pesepak bola profesional bersama Barcelona pada 1999, berhasil mengantarkan Arsenal meraih dua titel Piala FA dan dua gelar juara Community Shield. Setelah menghuni enam tim berbeda, termasuk Barcelona B, Arteta gantung sepatu pada akhir musim 2015/2016.

Baca Juga

Arsenal menjadi klub terakhir Arteta sebelum akhirnya memulai karier sebagai pelatih dengan menjadi asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City. Tiga tahun menjadi asisten pelatih di City, Arteta akhirnya kembali ke Arsenal dan dipercaya menukangi tim utama The Gunners pada 2019.

Kendati sudah tujuh tahun meninggalkan lapangan hijau sebagai pesepak bola profesional, Arteta belum kehilangan sentuhannya dalam kemampuan memainkan si kulit bundar. Gelandang serang Arsenal, Martin Odegaard, menjadi korban kelihaian pelatih berusia 41 tahun itu dalam memainkan bola.

Arteta melakukan aksi nutmeg terhadap Odegaard. Nutmeg merupakan aksi melewati penjaga dengan mengarahkan bola melewati kedua kakinya. Pada awalnya, aksi ini kerap dilakukan para freestyler sepak bola dalam dalam adu skill dan teknik olah bola. Namun, tidak jarang, pesepak bola profesional juga melakukan aksi mengolongi lawan di lapangan hijau.

''Arteta membuktikan belum kemampuan skill olah bola yang menjadikannya salah satu gelandang top di pentas Liga Primer Inggris. Arteta melakukan nutmeg dalam sesi latihan Arsenal jelang lawatan Lens pada laga kelima penyisihan Grup B Liga Champions,'' tulis keterangan Express, Rabu (29/11/2023).

Dalam sesi latihan itu, Arteta terlibat dalam skema latihan passing cepat jarak dekat yang kerap disebut latihan rondo atau kucing-kucingan. Odegaard saat itu tengah berusaha merebut bola dari Arteta. Dengan tenang dan sedikit sentuhan kaki kiri, Arteta mengarahkan bola melewati sela-sela kaki Odegaard.

Setelah berhasil melakukan nutmeg ke Odegaard, Arteta pun terlihat begitu gembira dan bahaga. Arteta bahkan sempat berlari-lari kecil sembari tertawa dan mengepalkan tangan, kemudian diakhiri dengan tertawa bersama Odegaard. Suasana latihan The Gunners itu pun terasa begitu hidup dan menyenangkan.

Ini menjadi latihan terakhir The Gunners sebelum bersiap menghadapi Lens di Stadion Emirates. Kemenangan atau bahkan hanya mampu memetik hasil imbang di laga ini akan tetap mengantarkan The Gunners ke 16 besar Liga Champions. Duduk di puncak klasemen sementara Grup B dengan raihan sembilan poin dari empat laga, Arsenal unggul empat angka dari PSV Eindhoven dan Lens, yang duduk di peringkat kedua dan ketiga secara berurutan.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement