Kamis 30 Nov 2023 23:49 WIB

Tuchel Meradang Munchen Gagal Pecahkan Kebuntuan Lawan Copenhagen

Munchen ditahan imbang tanpa gol oleh FC Copenhagen.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pelatih Bayern Munchen Thomas Tuchel
Foto: EPA-EFE/ANNA SZILAGYI
Pelatih Bayern Munchen Thomas Tuchel

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Bayern Munchen gagal memetik poin penuh saat menjamu FC Copenhagen dalam laga kelima penyisihan Grup A Liga Champions, Kamis (30/11/2023) dini hari WIB. Die Bayern ditahan imbang tanpa gol wakil Denmark itu dalam laga di Stadion Allianz Arena.

Untuk pertama kalinya sejak dibekap RB Leipzig 0-3 pada laga Piala Super Jerman pertengahan Agustus silam, Die Bayern gagal mencetak gol. Sepanjang laga tersebut, Munchen tercatat melepaskan sembilan tembakan, termasuk dua yang tepat ke arah gawang.

Baca Juga

Namun, peluang yang dicatatkan Die Bayern ini tidak jauh berbeda dari Byen Hold, julukan Copenhagen. Bahkan, Copenhagen bisa lebih efektif dalam mengancam gawang Die Bayern. Dari delapan tembakan di sepanjang laga, empat tembakan yang dilepaskan para pengawa Copenhagen tepat mengarah ke gawang.

Pelatih Munchen Thomas Tuchel mengungkapkan kekecewaan terhadap performa anak-anak asuhnya dalam laga tersebut. Berharap bisa melihat anak-anak asuhnya tampil dengan lebih bebas, eks pelatih Chelsea itu justru menyaksikan para penggawa Die Bayern kesulitan memecahkan kebuntuan.

"Saya kira, kami bisa tampil dengan lebih bebas karena kami sudah dipastikan lolos (ke babak 16 besar Liga Champions) dan tanpa beban. Namun, yang terjadi malah sebaliknya. Kami tidak memberikan upaya yang cukup," kata Tuchel seperti dikutip Planet Sports, Kamis (30/11/2023).

Munchen memang telah memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions sebelum laga. Die Bayern bahkan sudah dipastikan memuncaki Grup A, apa pun hasil laga sisa.

Kekecewaan Tuchel ini agaknya ditujukan pada tiga penggawa Munchen yang dipercaya tampil sebagai starter pada laga ini. Thomas Mueller, Raphael Guerreiro, dan Mathys Tel mendapatkan kesempatan merumput sejak menit pertama. Tiga pemain tersebut dinilai mengalami kesulitan untuk bisa tampil maksimal usai jarang mendapatkan tampil secara reguler pada musim ini.

Terlepas dari penampilan kurang meyakinkan di lini serang, Manuel Neuer tampil begitu apik di bawah mistar gawang. Penjaga gawang asal Jerman itu tercatat membuat empat penyelamatan gemilang. Neuer pun dinilai sudah benar-benar pulih setelah sempat absen panjang usai mengalami cedera patah kaki.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement