Jumat 01 Dec 2023 19:15 WIB

Tim Voli Pantai PON Sumut Uji Coba ke Jawa Timur

Uji coba ini untuk mewujudkan medali emas di PON XXI/2024 Sumut-Aceh.

Cabang olahraga voli pantai (ilustrasi).
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Cabang olahraga voli pantai (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  MEDAN -- Tim voli pantai Sumatra Utara (Sumut) akan melakukan uji coba ke Sidoarjo, Jawa Timur, sebagai upaya untuk menambah jam terbang atlet dan memperdalam kemampuan untuk mewujudkan medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh.

Pelatih Voli Pantai PON Sumut Dedi Afrizal mengatakan, dipilihnya Sidoarjo sebagai salah satu tujuan untuk uji coba karena Jawa Timur memiliki sejumlah pemain voli pantai berkualitas dan langganan timnas yang berasal dari Sidoarjo.

Baca Juga

Dari pengalaman ke Sidoarjo nantinya diharapkan kemampuan anak asuhnya akan semakin bertambah, demikian juga dengan jam terbangnya. Karena selain melakukan uji coba, nantinya selama di Sidoarjo tim voli pantai Sumut juga akan mengikuti sejumlah turnamen.

"Awal Desember ini kita berangkat. Rencananya, tim voli pantai PON Sumut selama dua bulan berada di Sidoarjo, selain uji coba, juga akan ikut pertandingan senior di sana. Awal Januari kita juga akan ikut pertandingan di Kalimantan atau Sulawesi," kata Dedi, Jumat (1/12/2023).

Dedi menyebutkan selama ini persiapan untuk menghadapi PON terus ditingkatkan. Enam bulan pertama formasi latihan 60 persen fisik dan 40 persen teknik dan enam bulan selanjutnya formasi latihan menerapkan 60 persen teknik dan 40 persen fisik.

Anak-anak asuh Dedi latihan mulai Senin hingga Sabtu pagi dan sore. Selain latihan fisik dan teknis, juga dirangkai dengan latihan penguatan otot dan berenang, yang semuanya dilakukan dengan pengawasan ketat. Setiap akhir bulan juga dilakukan evaluasi terhadap kemajuan yang sudah dicapai selama ini.

Saat ini ada delapan atlet yang menjalani pelatda di Pedepokan Kartika Volleyball Pematang Siantar. Mereka adalah Abdul Prayoga, Gigih Ardiansyah Saragih, Jayadi Agus Salim Damanik, Diccy Pajar Silalahi (putra), serta Rossa Pratiwi, Jihan Artika Ningsi, Liza Nuraini, dan Adelia Syahputri (putri).

"Kita menyiapkan dua tim putra dan dua tim putri untuk menghadapi PON mendatang. kedelapan atlet yang saat ini menjalani pelatda merupakan atlet yang benar-benar sudah terseleksi dan layak baik secara fisik maupun teknik. Saat ini kita terus mematangkan dan meningkatkan kemampuan mereka sehingga benar-benar siap dan mampu meraih hasil maksimal nantinya di PON," kata Dedi menjelaskan.

Dalam kesempatan itu, Dedi juga menyampaikan, selama ini anak-anak asuhnya sedikit mengalami kendala untuk mencari lawan latih tanding yang setara. Untuk mengakalinya, pihaknya mengundang tim-tim dari luar seperti dari Langkat, Simalungun, dan tim voly indoor.

"Makanya kita butuh keluar untuk mencari lawan latih tanding yang seimbang ataupun yang di atas kita, seperti halnya ke Sidoarjo yang memang memiliki banyak pemain voli pantai berkualitas. Jam terbang tentunya juga sangat perlu untuk meningkatkan mental bertanding anak-anak," kata Dedi menegaskan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement