Rabu 06 Dec 2023 12:01 WIB

Bek Wolverhampton Wanderers Ini Blak-blakan Soal Alasan Pilih WNI Dibanding Belanda

Hubner sejatinya punya rekam jejak apik bersama timnas Belanda.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Agus raharjo
Proses pengambilan sumpah calon pemain timnas Indonesia, Justin Hubner, sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur, pada Rabu (6/12/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi.
Proses pengambilan sumpah calon pemain timnas Indonesia, Justin Hubner, sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur, pada Rabu (6/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain keturunan Justin Hubner telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Hubner menjalani proses pengambilan sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur, pada Rabu (6/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Justin mengungkapkan alasan mengapa lebih memilih menjadi WNI dibanding menjadi warga negara Belanda. Pemain kelahiran Belanda, 14 September 2003 itu rela mengambil sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI) demi bisa membela timnas Indonesia.

Baca Juga

Bek Wolverhampton Wanderers itu sejatinya telah bermain di kelompok umur timnas Belanda, yakni di U-19 hingga U-20 pada 2021 hingga 2023. Namun, pemain berpostur 187 cm itu percaya dengan masa depan sepak bola Indonesia.

"Saya merasa dukungan di Indonesia lebih besar dari pada Belanda dan saya pikir kita punya generasi yang bagus jadi kita bisa mencapai banyak hal bersama generasi baru ini. Yang pasti saya akan sangat senang bisa main untuk Indonesia," kata Hubner kepada awak media, Rabu (6/12/2023).

Hubner mempunyai rekam jejak yang apik bersama timnas Belanda, ia enam kali bermain bersama Belanda U-19 pada ajang kualifikasi Euro U-19. Justin Hubner juga bermain pada satu laga uji coba. Pada Maret 2023, Justin Hubner kembali bermain untuk Belanda. Saat itu, dia bermain untuk Belanda U-20 pada laga uji coba lawan Prancis U-20.

Justin diharapkan bisa meningkatkan level timnas Indonesia di kancah internasional. Adapun ajang terdekat yang akan dilakoni timnas Indonesia adalah Piala Asia 2023 yang akan digelar pada Januari 2024. Kehadiran Hubner diharapkan bisa memperkuat timnas asuhan Shin Tae-yong di turnamen tersebut.

Skuad Garuda bakal berhadapan dengan Jepang, Irak, dan Vietnam yang tergabung dalam Grup D. Selain itu, untuk timnas U23 akan berlaga di Piala Asia U23 pada April 2024 tahun depan.

Dengan umur Hubner yang masih menginjak 20 tahun, maka Justin dapat masuk menuju dua kategori timnas Indonesia tersebut. Bek Wolves U-21 tersebut dapat menempati posisi bek tengah, menemani Elkan Baggott, Jordi Amat, hingga Rizky Ridho.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement