Jumat 08 Dec 2023 17:25 WIB

Layaknya Atlet Normal, Pelari Disabilitas Indonesia Melesat Raih Emas di Kejuaraan Dunia

Emas diraih dari nomor paling bergengsi, lari 100 meter.

Medali emas. Ilustrasi
Foto: mccarthyford.co
Medali emas. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NAKON -- Cabang olahraga para atletik menyumbang emas dari nomor lari 100 meter melalui atlet Partin Muhlisin pada World Abilitysport Games (WAG) 2023 di Nakhon Ratchasima,Thailand. 

Emas Partin didapat dari lari 100 meter klasifikasi T42/44 dengan catatan waktu 12,38 detik, mengalahkan dua pelari asal India Manoj Baskar dan Satya Prakash yang meraih perak dan perunggu.

Baca Juga

Emas Partin pada lari 100 meter itu didapatkannya saat dia sedang menjalani nomor perlombaan lompat jauh.

Partin mengaku tertantang dengan mengikuti dua nomor perlombaan berbeda secara berbarengan. “Perlombaan dalam event ini juga berbeda dari event-event lainnya. Sebelum turun di lari 100 meter, saya tampil di lompat jauh. Biasanya satu sesi hanya memainkan satu nomor perlombaan, tapi di sini beberapa nomor dilombakan bersamaan,” ucap Partin.

Dia menyebut harus menunda dulu percobaan lompatan pada nomor lompat jauh untuk turun di nomor lari 100 meter. “Nah, ketika saya sedang menjalani lompatan kelima, saya dipanggil tampil untuk main di lari 100 meter. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi saya,” kata Partin.

Selain meraih emas di nomor lari, Partin juga merebut medali perunggu di nomor lompat jauh T42/44/46/47. Keberhasilan Partin merebut dua medali di dua nomor berbeda tidak lepas dari komunikasi yang bagus dengan pelatih untuk mengatur kesiapan fisik menghadapi setiap perlombaan.

“Saya tidak bermasalah dengan stamina karena telah berlatih dengan program yang berat. Tinggal bagaimana komunikasi dengan pelatih supaya bisa mengatur strategi yang bagus untuk menang,” ujar Partin.

Prestasi bagus Partin di WAG 2023 menjadi modal penting baginya untuk mengukur hasil latihan selama ini. Hasil ini juga menjadi modal bagus bagi Partin untuk menghadapi kejuaraan lainnya.

Sebelumnya, kontingen Indonesia yang berlaga di WAG 2023 Thailand juga sudah meraih dua emas pada cabang olahraga Para balap sepeda, satu emas pada Para tenis meja, dua emas dari Para angkat berat, dua emas dari Jendi Pangabean atlet Para renang, dan satu emas dari Para menembak.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement