Jumat 08 Dec 2023 21:44 WIB

Arteta tak Kaget Melihat Hasil Polesan Unai Emery di Aston Villa

Arsenal akan bertandang ke markas Aston Villa pada Ahad dini hari WIB.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Arsenal Mikel Arteta
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Pelatih Arsenal Mikel Arteta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lonjakan peringkat Aston Villa di bawah asuhan manajer Unai Emery tidak mengejutkan manajer Arsenal Mikel Arteta. Pelatih asal Spanyol ini mengatakan pada Jumat (8/12/2023) bahwa dia memperkirakan pertandingan yang sulit ketika membawa pasukan the Gunners bertandang ke markas Aston Villa di Villa Park pada Ahad (10/12/2023) dini hari WIB.

Villa, yang tampil dominan dalam kemenangan 1-0 atas sang juara bertahan Manchester City pada Kamis (7/12/2023) dini hari WIB, naik ke peringkat ketiga di klasemen. Mereka telah memenangkan 14 pertandingan Liga Primer Inggris secara beruntun di Villa Park dan juga lolos ke babak gugur Liga Europa.

Baca Juga

Berbicara menjelang duel kontra Villa, Arteta memberikan pujian kepada Emery yang pernah menjadi pelatih Arsenal."Mereka akan menjadi lawan yang tangguh dan ini adalah salah satu tempat favorit saya. (Ini) tidak mengejutkan. Saya telah mengikutinya sejak ia masih menjadi pelatih Almeria dan apa yang telah ia lakukan di setiap tim sangat luar biasa," kata Arteta, dikutip Reuters.

Menurut Arteta, Emery selalu mengembangkan para pemain, tim, dan klub tempatnya bekerja. Sebagai sesama orang Basque, Arteta mengaku sangat mengagumi Emery. "Saya sangat senang untuknya," ucapnya.

Arteta tidak akan berada di lapangan pada laga ini. Ia sedang menjalani hukuman larangan bertanding menyusul kartu kuning ketiganya musim ini.

"Saya pikir saya berada di ruang direksi, saya tidak tahu, itu adalah diskusi yang akan kami lakukan nanti. Tapi kita lihat saja nanti, semoga saya bisa mendapatkan pemandangan yang bagus," ujar Arteta tentang menyiasati absennya ia di pinggri lapangan.

Arsenal yang berada di puncak klasemen, merupakan salah satu dari sedikit tim yang menikmati penampilan lebih baik daripada Villa. Tim asal London utara ini memasuki pertandingan ini dengan empat kemenangan beruntun, yang terakhir merupakan pertandingan menegangkan dengan tujuh gol di Luton Town.

Gol sundulan Declan Rice pada masa tambahan waktu memastikan kemenangan tersebut. Arteta mengatakan, kesediaan timnya untuk bertarung sampai akhir adalah bukti dari kelayakan mereka sebagai salah satu kandidat juara.

"Anda melihat chemistry dari para pemain. Itu momen yang indah. Saya pikir sebuah tim (yang ingin memenangkan gelar) harus memiliki hasrat yang luar biasa untuk memenangkan setiap pertandingan dan saya pikir kami memiliki itu. Kami telah menunjukkannya berkali-kali," kata Arteta.

Arteta mengatakan bahwa Thomas Partey tidak akan tersedia untuk dipilih pada laga ini. Namun ia menambahkan bahwa sang gelandang telah pulih dengan baik dari cedera paha yang dialaminya. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement