Jumat 08 Dec 2023 23:48 WIB

Ten Hag Minta Pemain MU Contoh Komitmen Maguire dan McTominay

Maguire menunjukkan kapasitasnya saat dipercaya kembali bermain membela MU.

Bek Manchester United Harry Maguire (kiri).
Foto: AP Photo/David Cliff
Bek Manchester United Harry Maguire (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harry Maguire dan Scott McTominay menjadi contoh ideal bagi para pemain Manchester United (MU) jika mereka ingin mendapatkan tempat di tim inti, kata pelatih Erik ten Hag, Jumat (8/12/2023). Keduanya tampil cemerlang dalam beberapa pertandingan terakhir untuk membantu MU meraih kemenangan.

MU sempat terseok-seok pada awal musim. Namun empat kemenangan dalam lima pertandingan telah menstabilkan keadaan bagi Ten Hag, yang dinobatkan sebagai manajer terbaik Liga Primer Inggris untuk bulan November ketika mereka memiliki rekor 100 persen.

Baca Juga

Maguire sempat dikritik habis-habisan dan berada di ambang pintu keluar klub pada akhir musim ketika statusnya turun dari starter menjadi pemain cadangan. Namun ia memilih bertahan dan memperjuangkan tempatnya.

Maguire akhirnya kembali bermain karena cedera yang menimpa para pemain bertahan pilihan utama Ten Hag. Bek tengah Inggris itu pun tampil brilain, membantu MU mencatatkan tiga clean sheet, sehingga penghargaan pemain terbaik Liga Primer Inggris bulan November.

"Kami memiliki skuad dan ada kompetisi internal. Jika Anda ingin memiliki musim yang sukses, Anda membutuhkan lebih dari 11 pemain. Itu akan berubah sepanjang musim," kata Ten Hag kepada wartawan menjelang pertandingan kandang melawan Bournemouth pada Sabtu (9/12/2023).

"Scott dan Harry memainkan diri mereka sendiri ke dalam tim. Itulah dedikasi yang Anda harapkan dari setiap pemain."

McTominay adalah pencetak gol terbanyak klub dengan lima gol di liga. Ia mengungguli jumlah gol dari seluruh penyerang United, dan Ten Hag mengatakan tidak terkejut dengan ketajaman pemain internasional Skotlandia itu dalam mencetak gol.

"Sejak pertama kali saya melihat Scott, dia mencium peluang dengan sangat baik untuk masuk ke dalam kotak penalti dan dia adalah seorang penyelesai yang sangat bagus. Itu bukanlah kejutan. Ketika kami mendapatkan bola di sana, dia akan menyelesaikannya," ujar Ten Hag, dikutip Reuters

Di sisi lain, penyerang Inggris Marcus Rashford baru mencetak dua gol dalam musim ini meskipun mengoleksi 30 gol untuk MU pada semua kompetisi musim lalu. Rashford dicoret dari daftar pemain inti saat melawan Chelsea. Namun Ten Hag yakin pemain berusia 26 tahun itu akan segera kembali ke performa terbaiknya.

"Rashford adalah pemain yang sangat bagus. Anda tidak bisa melakukannya dengan 11 pemain dan dia tidak bisa bermain di setiap pertandingan. Dia tidak dalam performa seperti tahun lalu, tetapi saya yakin dia akan sampai di sana," katanya.

"Terserah kepada para pemain (untuk kembali ke tim). Tim akan mengatur diri mereka sendiri dan para pemain terbaik yang membentuk tim terbaik akan bermain."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement