Sabtu 09 Dec 2023 06:16 WIB

Juventus Kembali ke Puncak Klasemen Serie A Setelah Jinakkan Napoli

Juventus mengalahkan Napoli 1-0 di Turin.

Para pemain Juventus merayakan kemenangan atas Napoli.
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Para pemain Juventus merayakan kemenangan atas Napoli.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Juventus menampilkan performa yang efisien saat mereka kembali ke posisi puncak sementara Serie A dengan kemenangan 1-0 atas Napoli pada Sabtu (9/12/2023) dini hari WIB. Sundulan Federico Gatti cukup mengamankan kemenangan kandang di Stadion Allianz, Turin.

Enam menit memasuki babak kedua, Juve memecah kebuntuan saat Gatti menyambut umpan silang Andrea Cambiaso di tiang belakang, melompati penjaganya untuk menyundul bola ke dalam gawang.

Baca Juga

Napoli memiliki banyak kesempatan, tapi Khvicha Kvaratskhelia melewatkan sebuah peluang besar, sementara penjaga gawang Juventus, Wojciech Szczesny, melakukan beberapa penyelamatan untuk menggagalkan peluang emas tim tamu.

Juve memuncaki klasemen dengan 36 poin, unggul satu poin atas Inter Milan yang akan menjamu tim papan bawah Udinese pada akhir pekan depan.

"Kami bermain bagus pada babak pertama, menggerakkan bola dari sisi ke sisi, kemudian di saat-saat sulit tim menjadi sebuah balok granit," kata manajer Juve Massimiliano Allegri kepada DAZN.

"Saya memiliki sekelompok pemain yang bekerja keras. Kami harus memperlambat permainan, tidak selalu mencoba memainkan sepak bola dengan satu sentuhan. Kami harus mengontrol bola dengan lebih baik dalam beberapa momen pertandingan."

Ditanya tentang harapan Juve untuk finis di empat besar, Allegri mengatakan timnya justru berbicara ambisi untuk memenangkan Scudetto. Namun untuk itu, tegas dia, Juve harus mendapatkan hasil. 

"Tidak ada gunanya membicarakan apa yang mungkin terjadi, kami harus fokus pada apa yang ada," kata Allegri.

Bagi Napoli, pertandingan ini menyoroti performa mereka yang sedang mengalami kesulitan, menandai tiga kekalahan beruntun di semua kompetisi bagi tim asuhan Walter Mazzarri. Mereka berada di urutan kelima klasemen Serie A dengan 24 poin.

Permainan yang intens dari Napoli membuat mereka menciptakan beberapa peluang pada awal pertandingan, dengan Giovanni Di Lorenzo digagalkan oleh penyelamatan Szczesny di bawah mistar gawang dan Matteo Politano hampir saja membentur tiang gawang beberapa saat kemudian.

Juve memiliki peluang terbaik mereka pada babak pertama ketika upaya jarak dekat Dusan Vlahovic diblok oleh Natan, dan rebound berikutnya dari Weston McKennie dengan tendangan salto digagalkan oleh kiper Napoli Alex Meret.

Tepat sebelum babak pertama berjalan setengah jam, Kvaratskhelia mendapati dirinya tinggal berhadapan dengan Szczesny di dalam kotak penalti setelah dilepaskan oleh Victor Osimhen. Namun, pemain sayap asal Georgia ini mengirim bola ke atas mistar gawang, yang membuat para pendukung tuan rumah terkejut dan lega, serta membuat Mazzarri terlihat frustrasi.

Kesulitan Napoli di depan gawang terus berlanjut ketika Di Lorenzo melepaskan tendangan keras dari jarak dekat sebelum jeda, tapi berhasil digagalkan oleh penyelamatan gemilang Szczesny.

Setelah gol Gatti, momentum Napoli menurun dan mereka kesulitan untuk menciptakan peluang atau melakukan serangan untuk menyamakan kedudukan.

Osimhen memasukkan bola ke dalam gawang Napoli setelah umpan dari Szczesny berhasil dicegat dan dikembalikan ke pemain asal Nigeria tersebut, tapi bendera offside dikibarkan.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement