Ahad 10 Dec 2023 10:01 WIB

Unai Emery Beri Pesan Penting Soal Kans Gelar Juara pada Fan Aston Villa

Villa mencetak rekor baru klub dengan 15 kemenangan kandang beruntun di Liga Inggris.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Aston Villa, Unai Emery.
Foto: EPA-EFE/Tim Keeton
Pelatih Aston Villa, Unai Emery.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Aston Villa, Unai Emery, menegaskan masih terlalu dini untuk menyatakan Aston Villa adalah penantang gelar juara. Padahal, Villa telah mengalahkan Arsenal untuk mencetak rekor baru klub dengan 15 kemenangan kandang beruntun di Liga Primer Inggris.

Kemenangan 1-0 berkat gol John McGinn di menit ketujuh, Sabtu (9/12/2023), membawa Villa berjarak dua poin dari puncak klasemen Liga Primer. Ini melengkapi dua kemenangan Villa yang menakjubkan, yang terjadi kurang dari 72 jam setelah kemenangan atas Manchester City 1-0 pada Rabu (7/12/2023).

Baca Juga

Emery mengungkapkan kebanggaannya terhadap para pemain dan menerima bahwa timnya sekarang akan dibicarakan sebagai penantang gelar juara. Ini setelah Villa memenangkan 11 dari 16 pertandingan pertama  musim ini. Namun ia menegaskan pesan di dalam klub tidak akan berubah.

"Mereka akan berbicara lebih banyak tentang kami, namun pesan yang disampaikan tetap sama kepada Anda dan para pendukung. Kami masih berada di sana, tetapi ada tujuh tim yang lebih kuat dari kami untuk masuk ke tujuh besar. Tentu saja, jika kami sampai pada hari ke-30, 32, dan kami mempertahankan posisi yang sama, mungkin saya dapat berpikir dan mengirimkan pesan yang berbeda," ujar Emery dikutip dari expressandstar.com, Ahad (10/12/2023).

Villa tetap menjadi satu-satunya tim di divisi utama yang belum kehilangan satu poin pun dari posisi unggul, namun harus menggali lebih dalam saat menghadapi The Gunners, yang menyia-nyiakan beberapa peluang bagus.

Tim tamu juga melihat gol penyama kedudukan di menit-menit akhir dianulir karena handball. Emery yang memainkan starting XI yang sama seperti saat melawan Man City mengakui bahwa para pemainnya harus menunjukkan kualitas yang sangat berbeda dengan tiga hari sebelumnya.

"Kami harus bersaing. Itu adalah dua pertandingan yang berbeda. Kami memiliki energi penuh pada hari Rabu dan mengendalikan permainan. Kami pantas untuk menang," jelas Emery. "Hari ini kami memulai dengan sangat baik. Dalam 15 menit pertama kami berada dalam suasana hati yang sama seperti hari Rabu, tetapi setelah mencetak gol pertama, kami merasa semakin lelah. Tim inti sangat penting tetapi para pemain di bangku cadangan harus siap untuk bermain. Hari ini mereka melakukannya."

Emery melanjutkan, ia sangat bangga untuk memenangkan 15 pertandingan secara beruntun dan belum pernah berada dalam situasi seperti ini. "Saya pikir tidak akan pernah melakukannya lagi."

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement