Senin 11 Dec 2023 06:12 WIB

Barcelona Terkapar di Kandang Sendiri, Dikalahkan Tim yang Naik Daun Girona

Girona mengalahkan tuan rumah Barcelona 4-2 di Stadion Olimpiade Lluis Companys.

Pemain Girona Miguel Gutierrez (kiri) merayakan golnya ke gawanng Barcelona dalam lanjutan La Liga Spanyol.
Foto: (AP Photo/Jon Super
Pemain Girona Miguel Gutierrez (kiri) merayakan golnya ke gawanng Barcelona dalam lanjutan La Liga Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Girona kembali ke puncak klasemen La Liga setelah mengalahkan sang juara bertahan Barcelona 4-2 pada laga tandang mereka, Senin (11/12/2023) dini hari WIB. Hasil di Stadion Olimpiade Lluis Companys membuat tim asuhan Xavi Hernandez menelan kekalahan kedua di liga musim ini.

Artem Dovbyk dan Miguel Gutierrez mencetak gol untuk Girona pada babak pertama, setelah gol penyeimbang dari Robert Lewandowski. Valery Fernandez dan Cristhian Stuani menambahkan dua gol lagi untuk Girona setelah jeda, yang hanya bisa dibalas sekali oleh Ilkay Gundogan.

Baca Juga

Girona, yang belum terkalahkan dalam laga tandang di La Liga musim ini, memuncaki klasemen dengan 41 poin dari 16 pertandingan, setelah melompati Real Madrid dengan 39 poin setelah tim asuhan Carlo Ancelotti ditahan imbang 1-1 oleh Real Betis pada akhir pekan lalu.

Barcelona, yang sebelumnya mengalami kekalahan pada musim ini dari Real pada akhir Oktober, berada di urutan keempat dengan 34 poin, sejajar dengan tim peringkat ketiga Atletico Madrid yang memiliki satu pertandingan di tangan.

"Girona memiliki banyak kelebihan dalam apa yang mereka lakukan. Mereka sedang memimpin, bahkan lebih lagi saat ini. Mereka memiliki tujuh poin lebih banyak dari kami dan itu memang pantas," ujar Xavi.

"Ini pertandingan yang seimbang. Jika Barca menang, kami juga akan mengatakan itu adil. Saya rasa kami telah melancarkan 31 kali tembakan. Mungkin kesalahan-kesalahan di lini pertahanan telah merugikan kami."

Barcelona melakukan 31 percobaan dalam pertandingan, 11 di antaranya tepat sasaran. Namun kiper Girona Paulo Gazzaniga melakukan serangkaian penyelamatan, sementara di sisi lain, mereka mencetak gol dengan empat dari tujuh tembakan tepat sasaran.

Dovbyk membawa Girona unggul pada menit ke-12 dengan tendangan yang memantul di bagian bawah tiang gawang dan menjadi gol kedelapannya pada musim debutnya di La Liga.

Lewandowski menemukan kembali kemampuannya mencetak gol dan menyamakan kedudukan bagi tuan rumah tujuh menit kemudian, dengan sundulannya setelah menerima umpan sepak pojok.

Ini gol pertama sang penyerang Polandia untuk Barca dalam waktu hampir satu bulan, setelah mencetak dua gol melawan Alaves pada 12 November.

Gutierrez merestorasi keunggulan Girona sebelum turun minum. Sang pemain bertahan menerobos masuk ke dalam kotak penalti dan mencetak gol melalui tendangan individu. Fernandez mengubah skor menjadi 3-1 pada menit ke-80 melalui tendangan mendatarnya, dua menit setelah masuk dari bangku cadangan.

Gundogan kembali mencetak gol untuk Barca sebelum pemain Girona, Stuani, mencetak gol keempat pada waktu tambahan.

"Tim Girona ini memiliki jiwa dan percaya bahwa mereka dapat melukai lawan mereka," ujar pelatih Michel. "Kami tahu bahwa (Barca) akan menekan dengan keras, tetapi jika kami mampu melakukan dua operan pertama, kami akan memiliki peluang."

Barcelona, yang pada Kamis dini hari WIB akan bertandang ke Royal Antwerp di Liga Champions, selanjutnya akan bertandang ke tim papan tengah Valencia di liga pada hari Ahad dini hari WIB. Girona akan menjamu tim peringkat 12 Alaves pada 18 Desember.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement