Senin 11 Dec 2023 08:51 WIB

De Jong dan Gundogan Akui Barcelona Buat Kesalahan dalam Kekalahan dari Girona

Barcelona kurang tajam dalam penyelesaian dan lemah memutus serangan Girona.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Reaksi para pemain Barcelona selepas dibobol Girona.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Reaksi para pemain Barcelona selepas dibobol Girona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Kejutan terjadi pada jornada ke-16 La Liga Spanyol musim 2023/24. Barcelona tak berdaya menghadapi Girona.

Sesama klub Katalunya itu bertemu pada laga pekan ke-16 La Liga Spanyol musim 2023/24. Barca takluk 2-4 dari Blanquivermells di Estadi Olimpic Lluis Companys, Senin (11/12/2023) dini hari WIB. 

Baca Juga

Blaugrana kurang efisien di depan gawang lawan. Sejumlah kans Barcelona bisa dipatahkan. Aliran bola Los Cules mudah dibaca.

"Ini kekalahan yang sulit untuk diterima, tetapi kami tidak bermain bagus. Girona bermain sangat baik, tetapi itu kesalahan kami," kata Frenkie de Jong kepada Marca, dikutip Football Espana.

Ia mengatakan, Barcelona tidak berada di level yang seharusnya. Barcelona tidak menguasai bola dengan baik dan De Jong mengaku termasuk di dalamnya. 

"Hal itu telah merugikan permainan. Kami tertinggal tujuh poin saat ini, tetapi masih ada lebih dari separuh musim yang tersisa. Kami harus berkembang," kata De Jong.

Gelandang Ilkay Gundogan melihat permasalahan lain di timnya. Blaugrana kesulitan membendung serangan balik lawan.

"Hari ini kami kalah karena masalah pertahanan. Secara kolektif, kami tidak bertahan seperti yang diharapkan," kata Gundogan, dikutip dari Football Espana.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menyerukan hal serupa. Kesalahan tersebut, dibayar mahal. Dalam keadaan tertinggal, Barca sulit bangkit.

Xavi mendapat kecaman dari berbagai arah. Pendekatan taktiknya dikritik. Salah satunya ketika ia memainkan sejumlah bek di luar posisi asli.

Ini pertama kalinya dalam sejarah derbi Katalunya, Barca dikalahkan Girona. Di klasemen sementara, Robert Lewandowski dan rekan-rekan mulai keteteran. Blaugrana tertahan di tangga keempat.

Dengan mengantongi 34 poin, sang raksasa tertinggal tujuh angka di belakang Girona di singgasana. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement