Selasa 12 Dec 2023 11:09 WIB

Jelang Lawan Munchen, McTominay Tegaskan Para Pemain MU Dukung Penuh Erik Ten Hag

MU wajib mengalahkan Munchen sambil berharap Copenhagen dan Galatasaray imbang.

 Pemain Manchester United Scott McTominay
Foto: AP/Leila Coker
Pemain Manchester United Scott McTominay

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Inkonsistensi Manchester United (MU) pada musim ini tak membuat posisi pelatih Erik Ten Hag melemah. Sebab, para pemain MU ada di belakangnya mendukung penuh pelatih asal Belanda tersebut. Ini disampaikan oleh Scott McTominay.

"Ini tanggung jawab para pemain yang pertama dan terutama, para pemain juga tahu itu," katanya kepada wartawan pada Senin (11/12/2023) perihal hasil buruk MU. "Ini bukan kasus seperti (dengan) beberapa manajer lain yang terkadang sedikit beracun. Para pemain berada di belakang manajer (Ten Hag) dan itu adalah segalanya dan akhir dari segalanya. Kami juga memiliki staf pelatih yang luar biasa."

Baca Juga

Laporan media yang tidak berdasar tentang perpecahan di ruang ganti berakhir dengan empat organisasi dilarang menghadiri konferensi pers Ten Hag menjelang pertandingan Liga Primer Inggris pekan lalu melawan Chelsea. Kekalahan 3-0 di kandang dari Bournemouth hampir tidak membantu menenangkan kondisi internal di Old Trafford yang bergejolak.

"Orang-orang bisa tersesat dalam penerjemahan dan terbawa oleh apa yang dipikirkan para pemain dan apa yang mereka katakan di balik pintu tertutup. Kami hanya ingin bermain dengan baik untuk klub sepak bola dan sesederhana itu," kata McTominay.

MU harus mengalahkan pemuncak klasemen Grup A Liga Champions Bayern Munchen dan berharap pertandingan lain antara Galatasaray dan Copenhagen berakhir imbang jika ingin mencapai babak 16 besar Liga Champions.

Kemenangan atas Bayern bukanlah hal yang mustahil walaupun sulit ditebak. Ini tergantung pada MU sisi mana yang akan muncul nanti, tim yang mengalahkan Chelsea pekan lalu atau tim yang tampil buruk saat menghadapi Bournemouth.

"Saya tidak pernah berpikir dalam skenario negatif. Kami selalu berpikir positif. Kami harus menang untuk bertahan di Eropa; hanya tentang itu," kata Ten Hag kepada wartawan. "Kami telah menunjukkan dalam beberapa pekan terakhir bahwa ketika kami dalam kondisi terbaik, kami bisa melakukannya."

United membuka perjalanan di Grup A mereka dengan kekalahan 4-3 di kandang Bayern, diikuti dengan kekalahan 3-2 di kandang sendiri oleh Galatasaray, di mana mereka sempat memimpin dua kali. Mereka juga sempat unggul 2-0 saat bertandang ke Galatasaray pada laga terakhir grup, tapi akhirnya bermain imbang 3-3.

"Kami tidak konsisten sebagai sebuah tim, kami tidak naif akan hal itu. Kami telah berbicara dengan staf pelatih tentang hal itu," kata McTominay. "Sebagai sebuah grup kami harus bersatu dan mencari jawaban untuk itu, menemukan konsistensi dan keseimbangan."

MU menghadapi pekan yang krusial dengan pertandingan di kandang melawan Bayern, diikuti dengan perjalanan ke markas pemuncak klasemen Liga Primer Inggri Liverpool. Ten Hag, setidaknya untuk saat ini, tampaknya mendapat dukungan dari para penggemar United.

"Saya berharap para penggemar bersama dengan kami," katanya. "Sejak saya berada di sini, saya selalu merasakan ikatan yang kuat antara tim dan para penggemar. Bahkan ketika kami mengalami kemunduran besar. Namun kami harus bertanggung jawab dan memberikan semangat kepada mereka."

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement