Rabu 13 Dec 2023 12:00 WIB

Ini Alasan Arteta Pasang Declan Rice Jadi Bek Tengah Saat Arsenal Tahan Imbang PSV

Arteta ingin mencoba berbagai opsi andai terjadi kondisi darurat.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Declan Rice (kiri) saat bermain sebagai bek tengah untuk Arsenal ketika melawan PSV Eindhoven.
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Declan Rice (kiri) saat bermain sebagai bek tengah untuk Arsenal ketika melawan PSV Eindhoven.

REPUBLIKA.CO.ID, EINDHOVEN -- Sepintas tak ada yang berlebihan dalam duel PSV Eindhoven melawan Arsenal pada matchday keenam Grup B Liga Champions musim 2023/2024. Laga ini berlangsung di markas PSV, Philips Stadion, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB.

Skor berkesudahan imbang 1-1. Kubu tamu unggul terlebih dahulu melalui sepakan kaki kiri Eddie Nketiah pada menit ke-42. Tuan rumah menyamakan kedudukan lewat upaya Yorbe Vertessen pada menit ke-50.

Baca Juga

Ini semacam partai formalitas. Apa pun hasilnya tak mengubah posisi kedua tim di klasemen akhir. The Gunners tetap finis di singgasana. Armada Boeren menghuni kursi runner up.

Penggemar sebatas menikmati tontotan sepak bola tanpa ekspektasi lebih. Tak ada target lain, kecuali menyelesaikan jadwal yang sudah ditetapkan. 

Tentu saja setiap pemain ingin menang. Rupanya, jika diperhatikan lebih detail, terdapat momen yang pantas dapat sorotan. Ini mengenai keputusan pelatih Arsenal Mikel Arteta.

Pada menit ke-62, ia menarik William Saliba dan Cedric Soares. Sebagai gantinya, Arteta memasukkan Ben White, juga Declan Rice. White mengisi pos sebagai bek kanan. Sementara Rice mengisi tempat yang ditinggalkan Saliba. Ini bukan informasi yang keliru. Lebih dari 30 menit terakhir, pemain termahal di the Gunners itu menempati pos palang pintu. Padahal, posisi aslinya sebagai gelandang. 

Keputusan Arteta menarik perhatian awak media. Setelah pertandingan, ia menjelaskan alasannya. "Kami kekurangan personel di lini belakang. Saya benar-benar ingin mencoba ketika sesuatu terjadi, bagaimana kami menyelesaikan situasi ini. Saya pikir itu sangat bagus," kata juru taktik berkebangsaan Spanyol itu, dikutip dari Metro.

"Dia pernah bermain di posisi itu sebelumnya dan kami harus mencobanya jika terjadi keadaan darurat," ujar Arteta menambahkan.

Saat ini, Arsenal hanya memiliki Saliba dan Gabriel Magalhaes sebagai bek tengah natural. Jurrien Timber masih cedera. Timber absen dalam waktu yang lama.

Pada akhir tahun nanti, akan ada periode tersibuk. Saat itu, Arteta sudah mempunyai rencana cadangan jika terjadi sesuatu dengan Saliba atau Gabriel. Minimal ia memiliki tambahan opsi di belakang.

Ia juga perlu memberi sedikit waktu istirahat untuk dua palang pintu tersebut. Sehingga hal yang normal menurutnya, jika Rice ditarik ke belakang. Kebetulan, eks West Ham United itu piawai menempati berbagai area.

Musim lalu, Arsenal limbung karena kehilangan Saliba yang cedera. Akibatnya, gelar juara Liga Primer Inggris melayang. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement