Rabu 13 Dec 2023 13:03 WIB

Tiga Tim Italia Sudah Lolos ke Babak Gugur Liga Champions, Siapa Calon Lawannya?

Hanya Milan yang belum dipastikan lolos karena dalam posisi sulit.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Laga Real Sociedad dan Inter Milan di Liga Champions. Kedua tim lolos ke babak 16 besar dengan Sociedad berstatu juara Grup D dan Inter runner up.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Laga Real Sociedad dan Inter Milan di Liga Champions. Kedua tim lolos ke babak 16 besar dengan Sociedad berstatu juara Grup D dan Inter runner up.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah kemenangan Napoli atas Braga dan hasil imbang 0-0 Inter dengan Real Sociedad pada Rabu (13/12/2023) dini hari WIB, tiga tim Serie A kini telah memastikan tempat mereka di babak 16 besar Liga Champions. Lazio juga telah memastikan tempat mereka di babak gugur. 

Masih ada kemungkinan tim Italia lainnya yang akan berlaga pada babak selanjutnya jika AC Milan mengalahkan Newcastle di St James' Park dan Paris Saint-Germain kalah dari Borussia Dortmund di Jerman pada Kamis (14/12/2023) dini hari nanti. 

Baca Juga

Saat ini hanya ada dua grup yang masih menyisakan satu pertandingan penentuan untuk dimainkan. Selain di Grup F, Grup H juga menyajikan persaingan ketat dengan Barcelona, Porto, dan Shakhtar Donetsk masih memiliki kesempatan untuk lolos. 

Sementara, grup-grup lain sudah resmi mengirimkan wakilnya ke babak 16 besar. Tim-tim yang telah memastikan tempat mereka di babak gugur adalah Bayern Munchen, FC Copenhagen, Arsenal, PSV, Real Madrid, Napoli, Real Sociedad, Inter, Atletico Madrid, Lazio, Manchester City, dan RB Leipzig. 

Untuk babak 16 besar, peraturan Liga Champions menyatakan bahwa tim tidak dapat menghadapi tim dari negara yang sama dan tidak dapat diundi melawan tim dari grup yang sama. Inter, Napoli, dan Lazio tidak akan bisa saling berhadapan hingga babak semifinal paling cepat. 

Tim-tim juga akan diunggulkan, yang berarti bahwa juara grup hanya dapat menghadapi tim yang berada di posisi kedua dan sebaliknya. Hanya Grup A, B, C, D yang telah memiliki klasemen akhir yang telah dikonfirmasi hingga saat ini. Dari tim-tim Italia, itu termasuk Inter dan Napoli, tapi tidak termasuk Lazio dan Milan. 

Saat ini, Inter kemungkinan besar akan menghadapi salah satu dari Bayern Munchen, Arsenal, Real Madrid atau Manchester City. Mereka juga dapat bertemu dengan salah satu dari Dortmund, PSG, Newcastle, Barcelona, Porto atau Shkahtar, tergantung pada hasil pertandingan Kamis dini hari WIB. 

Sementara itu, Napoli juga dapat bertemu dengan Bayern, Arsenal, Manchester City atau Real Sociedad dan juga tim-tim yang sama dari Grup F dan H. 

Situasi yang sama juga akan terjadi pada Lazio jika mereka berada di posisi kedua di grup mereka di belakang Atletico. Di posisi kedua, mereka berpeluang menghadapi Bayern, Arsenal, Real Madrid, Real Sociedad, Manchester City atau tim dari Grup F atau H.

Jika Biancocelesti melompati Atletico untuk menempati posisi pertama, Lazio akan menghadapi Copenhagen, PSV, RB Leipzig, atau salah satu runner up dari Grup F dan H.

Milan akan membutuhkan hasil yang sesuai dengan keinginan mereka, tapi tidak akan mampu untuk finis di puncak klasemen grup. Jika Rossoneri lolos, mereka bisa saja menghadapi Arsenal, Real Madrid, Real Sociedad, Atletico Madrid, Manchester City, atau juara Grup H, yang saat ini ditempati oleh Barcelona.

Pengundian resmi babak 16 besar Champions League akan berlangsung pada hari Senin 18 Desember pukul 11.00 WIB dan disiarkan secara langsung di situs UEFA. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement