Rabu 13 Dec 2023 13:59 WIB

Ini Profil Jay Idzes, Jagoan dari Eropa yang Selangkah Lagi Masuk Timnas Indonesia

Posisi bek Indonesia akan semakin kuat dengan kehadirannya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama bek asal Belanda yang memperkuat klub Liga Italia Serie B Venezia, Jay Idzes. Jay resmi dibawa ke Indonesia untuk melakukan proses administrasi.
Foto: Dok. PSSI
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama bek asal Belanda yang memperkuat klub Liga Italia Serie B Venezia, Jay Idzes. Jay resmi dibawa ke Indonesia untuk melakukan proses administrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan hanya tinggal selangkah lagi. Hal itu dipastikan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga yang menyatakan dokumen Keputusan Presiden (Keppres) naturalisasi pemain kelahiran Belanda, 2 Juni 2000 itu sudah terbit. Kini hanya tinggal menunggu waktu bagi Idzes untuk mengambil sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI).

"Saat ini kami sedang menunggu waktu yang dimiliki Jay Idzes dan Nathan (Tjoe A On) untuk ke Indonesia dan mengambil sumpah," kata Arya dalam keterangannya, dikutip pada Rabu (13/12/2023).

Baca Juga

Lalu, siapakah Jay Idzes ini sehingga menarik perhatian pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. Idzes merupakan pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek jalur ibu yang lahir di Semarang. Sementara ia sendiri besar bersama kedua orang tuanya di Mierlo, Belanda.

Jay mempunyai minat untuk mengolah si kulit bundar sejak usia 7 tahun. Dengan dukungan dari kedua orang tuanya, Jay melanjutkan pendidikan di akademi salah satu klub amatir, SC Brabant, di Mierlo selama 1,5 tahun. Memasuki usia 9 tahun, ia mencuri perhatian pencari bakat dari klub top Belanda PSV Eindhoven. Ia pun menimba ilmu di akademi PSV selama 3 tahun.

Di usai 14 tahun, pemain berposisi sebagai bek tengah itu tetap berada di jalur yang benar untuk meneruskan mimpinya dengan bergabung di akademi VVV-Venlo & Helmodsports. Setelah 2 tahun di klub tersebut, pada 2016 ia bergabung dengan klub Eerste Divisie lain yakni FC Eindhoven dan bermain untuk tim akademi junior. Dua tahun berselang, ia pun mendapat kesempatan masuk tim utama FC Eindhoven. 

Tercatat selama periode 2018-2020, Jay telah mencatatkan 57 penampilan (4.136 menit) bersama FC Eindhoven, dengan satu assist dibuatnya. Di tahun 2020, Jay Idzes direkrut klub Eredivisie, Go Ahead Eagles. Selama periode 2020-2023 bersama Eagles, membuat 93 penampilan (7.036 menit). Ada 3 gol dan 5 assist yang dibuatnya pada kurun waktu tersebut.

Performanya di Belanda memikat klub Italia Venezia. Pada Juni 2023, klub Serie B itu merekrutnya dengan kontrak berdurasi 4 tahun. Pemain berusia 23 tahun itu kerap menjadi andalan Venezia dan selalu dimainkan selama 90 menit penuh. Tercatat ia sudah sembilan kali main di Serie B dan satu kali di Coppa Italia. 

Segudang pengalaman dan kemampuan yang dimiliki Jay akan sangat berguna bagi Timnas Indonesia. Dengan kepastian naturalisasi pemain itu, Jay mungkin dapat membela timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada Januari 2024. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement