Kamis 14 Dec 2023 20:10 WIB

Ini Lawan Potensial Barcelona pada Babak 16 Besar Liga Champions, Termasuk PSG dan Inter

Barcelona akan bertemu salah satu dari tim-tim runner-up grup Liga Champions.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Barcelona Marc Guiu, right, scores his sides second goal during the Champions League Group H soccer match between Antwerp and Barcelona at the Bosuil stadium in Deurne, Belgium, Wednesday, Dec. 13, 2023.
Foto: AP Photo/Geert Vanden Wijngaert
Barcelona Marc Guiu, right, scores his sides second goal during the Champions League Group H soccer match between Antwerp and Barcelona at the Bosuil stadium in Deurne, Belgium, Wednesday, Dec. 13, 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona di luar dugaan kalah 2-3 dari Royal Antwerp di pertandingan terakhir babak penyisihan Grup H Liga Champions, Kamis (14/12/2023) dini hari WIB. Namun mereka sudah dijamin lolos ke fase gugur jauh sebelum bola ditendang. Bahkan, Barcelona dipastikan juara grup setelah kemenangan Porto atas Shakhtar Donetsk.

Finis di puncak grup berarti Barcelona telah menghindari tim-tim seperti Manchester City, Arsenal, dan Bayern Munchen. Namun masih ada tim-tim tangguh yang harus diwaspadai, yang menempati posisi kedua grup.

Baca Juga

FC Copenhagen menempati posisi kedua di bawah Bayern di Grup A dan berpeluang menghadapi Barcelona pada babak 16 besar 

Mereka berhasil mengalahkan Galatasaray dan Manchester United, memenangi dua pertandingan, seri dua kali, dan kalah dua kali. Performa mereka juga termasuk hasil imbang 0-0 atas Bayern di Allianz Arena.

Selanjutnya, PSV dapat menjadi lawan Barcelona setelah finis sebagai runner up di bawah Arsenal. Mereka hanya kalah dalam satu pertandingan di fase grup, 4-0 dari the Gunners. Dipimpin oleh seorang pemain yang sudah tidak asing lagi dalam diri Luuk de Jong, mereka bukanlah tim kecil.

Di Grup C, Napoli mengamankan sepuluh poin dengan tiga kemenangan dan satu hasil imbang, hanya kalah dari Real Madrid dalam dua kesempatan tersebut. Barcelona telah bertemu dengan mereka dalam beberapa kesempatan pada masa lalu dan jadi pertarungan seru.

Real Sociedad berhasil mengalahkan Inter Milan di Grup D, yang berarti sang finalis tahun lalu bisa saja menghadapi Barcelona. Tim asal Italia ini berhasil menyingkirkan Barcelona pada fase grup tahun lalu, dan sangat mampu untuk mengulangi hal tersebut musim ini.

Rekan mereka dari Italia, Lazio merupakan runner-up di Grup E. Dengan mencetak dan kemasukan tujuh gol, ini dapat menjadi kesempatan Pedro untuk bertemu dengan klub yang membesarkan namanya untuk pertama kalinya sejak ia berada di Chelsea di bawah asuhan Antonio Conte.

Meskipun begitu, pertandingan yang paling menarik adalah jika Barcelona bertemu PSG, yang berada tiga poin di belakang Dortmund di Grup F. Dengan kedua tim yang sedang berjuang, ini akan menjadi sebuah pertandingan yang seru.

Lawan terakhir Barcelona dari fase grup kemungkinan adalah RB Leipzig, yang memenangi empat dari enam pertandingan dalam satu grup dengan Manchester City. Dikomandoi oleh Xavi Simons, pertandingan ini dapat menjanjikan banyak gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement