Ahad 17 Dec 2023 13:41 WIB

Juventus Gagal Kalahkan Genoa, Allegri Lelah?

Juve mendapat hadiah penalti setelah Federico Chiesa dijatuhkan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri (kiri).
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, GENOA -- Juventus gagal meraih kemenangan saat bertamu ke markas Genoa pada giornata ke-16 Serie A musim 2023/24. Duel di Stadion Luigi Ferraris, Sabtu (16/12/2023) dini hari WIB, berkesudahan imbang 1-1.

Kubu tamu unggul terlebih dahulu. Juve mendapat hadiah penalti setelah Federico Chiesa dijatuhkan di area terlarang. Chiesa sendiri yang menjadi eksekutor, menunaikan tugasnya dengan baik pada menit ke-28.

Baca Juga

Tuan rumah menyamakan kedudukan selepas turun minum. Tepatnya di menit ke-48. Upaya Alberth Gudmundsson dari jarak dekat, merobek jala Wojciech Szczesny.

Pelatih I Bianconeri, Massimiliano Allegri bereaksi. Ia berusaha mencari sisi positif dari hasil ini. Menurutnya, Dusan Vlahovic dan rekan-rekan mendapat perlawanan hebat dari Il Grifone.

"Tidak mudah bermain melawan Genoa. Tim menunjukkan performa bagus. Namun kami perlu berkembang, karena untuk menjadi yang teratas, kami perlu memanfaatkan setiap kesempatan, dan menjadi lebih efektif," kata juru taktik kelahiran Livorno itu kepada DAZN, dikutip dari Football Italia.

Ia menyoroti fakta Juventus gagal memperlebar jarak, saat memimpin. Situasi demikian, dibayar mahal. Tuan rumah menaikkan agresivitas sampai mengejar ketertinggalan.

Jika berkaca pada statistik. Si Nyonya Tua hanya sedikit lebih mendominasi. Raksasa Turin memiliki 57 persen penguasaan bola. Sisanya milik Genoa.

Juventus total melepaskan 11 tembakan. Sama persis dengan Il Grifone. Juve mengoleksi empat peluang tepat sasaran. Cuma unggul satu atas anak asuh Alberto Gilardino. Sehingga wajar, jika Allegri tak terlarut dalam kekecewaan. 

"Ini poin penting. Mari kita lanjutkan tren positif ini, dan sekarang kami harus bersiap menghadapi Frosinone. Saya senang penampilannya," ujar allenatore 56 tahun itu.

Juventus tak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir di pentas Serie A. Sebanyak delapan di antaranya, berujung kemenangan. Kini Juve berada di urutan kedua klasemen sementara.

Dengan mengantongi 37 poin, pasukan hitam-putih tertinggal sebiji angka di belakang Inter Milan di singgasana. Inter baru menyelesaikan 15 laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement