Sabtu 23 Dec 2023 05:59 WIB

Aston Villa Buang Peluang Puncaki Klasemen Liga Primer Inggris

Aston Villa ditahan imbang Sheffield United 1-1.

Penyerang Aston Villa Nicolo Zaniolo (tengah) melompat untuk mencetak gol ke gawang Sheffield United dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (23/12/2023) dini hari WIB.
Foto: Mike Egerton/PA via AP
Penyerang Aston Villa Nicolo Zaniolo (tengah) melompat untuk mencetak gol ke gawang Sheffield United dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (23/12/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Aston Villa melewatkan kesempatan untuk memuncaki klasemen Liga Primer Inggris. Villa bermain imbang 1-1 dengan Sheffield United di Villa Park, Birmingham dalam pertandingan yang diwarnai gol-gol pada menit akhir dan lebih banyak lagi perselisihan VAR, Sabtu (23/12/2023) dini hari WIB.

Meskipun Villa mendominasi, Cameron Archer membawa Sheffield unggul dengan tiga menit tersisa, hanya untuk disamakan oleh Nicolo Zaniolo pada menit ketujuh waktu tambahan.

Baca Juga

Kemenangan akan membawa Villa berada di atas Liverpool dan Arsenal dan membuatnya berada di posisi puncak klasemen untuk pertama kalinya sejak 1998.

Sebaliknya, satu poin membuatnya berada di peringkat kedua di papan klasemen, sama dengan pemimpin klasemen, Arsenal, dan satu poin lebih banyak dari Liverpool. Liverpool akan menghadapi Arsenal di Anfield pada Ahad (24/12/2023) dini hari WIB.

Villa tampil lebih unggul di depan para pendukung tuan rumah yang riuh dan mereka akan menyesali keputusan-keputusan wasit video yang merugikan mereka.

Dua klaim penalti ditolak di awal babak pertama dan sebuah gol Leon Bailey dianulir di menit ke-59 saat tinjauan ulang melihat adanya pelanggaran terhadap penjaga gawang Sheffield, Wes Foderingham.

Wasit Anthony Taylor melihat kemungkinan penalti lain untuk handball dengan 17 menit tersisa tetapi sekali lagi memutuskan untuk memenangi tim tuan rumah.

Ketika kebuntuan terpecahkan, hal itu terjadi di ujung lain. Mantan penyerang Villa, Cameron Archer, muncul dengan sebuah penyelesaian yang klinis setelah mendapatkan umpan dari Gustavo Hamer di sisi kiri.

Namun saat Villa terlihat mulai menyerah, mereka mendapatkan gol yang pantas mereka dapatkan. Douglas Luiz melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti dan Zaniolo menaklukkan Foderingham untuk menceploskan bola ke dalam gawang yang kosong.

Poin tersebut merupakan poin yang sangat penting bagi Sheffield dan mengangkat mereka dari dasar klasemen dan satu poin di atas Burnley.

Bagi anak asuh Unai Emery, hasil imbang tersebut mengakhiri catatan spektakuler 15 kemenangan beruntun di kandang.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement