Sabtu 23 Dec 2023 17:30 WIB

Guardiola Bangga Pencapaian Luar Biasa Manchester City yang Kumpulkan Lima Trofi pada 2023

Manchester City kembali fokus ke Liga Inggris setelah juara Piala Dunia Antarklub.

Manchester City Kyle Walker (tengah ) mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub 2023.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Manchester City Kyle Walker (tengah ) mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Dari juara liga, menjadi juara Eropa, dan sekarang juara dunia. Manchester City menambahkan piala kelima sepanjang 2023 ke dalam koleksi mereka yang membengkak saat mereka mengalahkan Fluminense 4-0 pada final Piala Dunia Antarklub, Sabtu (23/12/2023) dini hari untuk mengakhiri tahun yang menakjubkan.

City adalah klub pertama Inggris yang secara bersamaan meraih gelar Liga Primer Inggris, Piala FA, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

Baca Juga

"Saya sangat bangga dengan klub ini. Yang telah kami lakukan adalah pencapaian yang luar biasa," kata Guardiola. "Memenangi trofi ini berarti menjadi tim terbaik di dunia. Sebagai seorang manajer, hal yang paling saya banggakan adalah bahwa kami selalu ada di sana. Tidak peduli seberapa banyak kami menang, tidak peduli trofi apa yang kami angkat, kami ada di sana lagi untuk memperjuangkan yang berikutnya."

Julian Alvarez mencetak dua gol dan City tidak pernah membiarkan lawan mereka dari Brasil menemukan ritme permainan. Cedera lutut serius yang dialami Rodri tampaknya satu-satunya kabar buruk dari keberhasilan ini.

Musim City sudah luar biasa ketika mereka melengkapi treble dengan mengalahkan Inter Milan di final Liga Champions pada Juni lalu. Namun mereka telah menambahkan dua trofi, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

"Memenangkan treble benar-benar istimewa, tetapi untuk memenangkan dua trofi lagi dan sekarang memegang lima gelar utama ini menunjukkan mentalitas unik dari tim ini, klub dan para penggemarnya," kata Guardiola. "Ini sesuatu yang belum pernah dicapai oleh tim Inggris lainnya dan kami akan selalu mengingat waktu yang luar biasa yang kami habiskan bersama."

Guardiola juga menjadi manajer pertama yang memenangkan Piala Dunia Antarklub dengan tiga tim berbeda, mendampingi Barcelona menjadi juara pada 2009 dan 2011, serta Bayern Munchen pada 2013.

Para pemain City akan memiliki lencana "Juara Dunia 2023" yang disematkan di baju mereka untuk pertandingan Liga Primer berikutnya melawan  Everton, kata klub dalam sebuah rilis. Sebuah spanduk telah dikibarkan di Stadion Etihad.

"Kami telah menunjukkan selama 12 bulan terakhir bahwa kami adalah tim terbaik di dunia," kata kapten City, Kyle Walker. "Hasil-hasil kami membuktikan hal itu dan konsistensi yang kami lakukan sungguh luar biasa."

City kini mengalihkan perhatian mereka kembali ke Liga Primer, di mana mereka sama sekali tidak konsisten. Tim asuhan Guardiola berada di peringkat empat klasemen dengan hanya meraih satu kemenangan dalam lima pertandingan terakhir.

Cedera serius pada Rodri akan menjadi pukulan besar bagi City, yang telah kehilangan pencetak gol terbanyak di liga, Erling Haaland, karena cedera kaki yang mengganggu. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement