Rabu 27 Dec 2023 07:52 WIB

Cerita Asisten Pelatih Timnas Indonesia yang Natalan Keempat Kalinya Jauh dari Keluarga

Nova sudah terbiasa menjalani momen ini.

Asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto (kiri).
Foto: Antara/R. Rekotomo
Asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, ANTALYA -- Asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto dan pemain timnas Indonesia Yakob Sayuri tetap mensyukuri perayaan Natal meski sedang jauh dari keluarga.

Nova dan Yakob merayakan Natal jauh dari keluarga karena sedang membela Garuda menjalani pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, untuk persiapan Piala Asia 2023 pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Baca Juga

Nova tidak merayakannya bersama keluarga kurang lebih empat tahun, sedangkan Yakob sudah dua tahun tidak merayakan Natal bersama keluarga.

“Ini mungkin jadi tahun keempat ya, saya harus merayakan Natal jauh dari keluarga, tapi saya masih senang dan bersyukur kita bisa merayakan Natal dengan teman-teman yang ada di sini, teman-teman timnas yang juga merayakan, saya terbiasa dengan situasi ini, mungkin karena ini yang keempat kalinya jauh dari keluarga," kata Nova Arianto seperti dilansir laman resmi PSSI, Rabu (27/12/2023). 

Baca juga: Klok: TC di Turki sangat penting agar mampu bersaing di Piala Asia

"Sudah dua tahun saya tidak Natalan dengan keluarga, karena bersama timnas, saya sudah komunikasi dengan keluarga, mereka mengerti, dan bilang kalau kesempatan itu tak datang dua kali, makanya apa pun yang terjadi, walaupun Natalan jauh dari keluarga, tetap semangat, demi Garuda di dada," kata Yakob.

Dalam suasana Natal tahun ini, Nova dan Yakob pun memohon doa dan dukungan dari para pecinta sepak bola tanah air agar Indonesia bisa berbicara banyak dan memberikan yang terbaik di Piala Asia 2023 nanti.

TC di Turki akan berakhir hingga 6 Januari 2024. Selain latihan di sana, penggawa Garuda juga dijadwalkan menjalani rangkaian uji coba yakni tanggal 2 dan 5 Januari 2024 melawan Libya di Antalya.

Rampung TC di Turki, Indonesia akan terbang ke Qatar dan akan melakoni uji coba terakhir melawan Iran pada 9 Januari.

Nantinya, setelah TC di Turki dan tiga rangkaian laga uji coba, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong akan merampingkan skuad dari 28 menjadi 26 pemain untuk berlaga di Piala Asia. Di turnamen empat tahunan itu, Indonesia tergabung di Grup D bersama Vietnam, Irak, dan Jepang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement